Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Angka Kriminalitas Tinggi, Warga 'Curhat' ke Kapolsek Batuaji
Oleh : Gabriel P. Sara
Senin | 24-11-2014 | 14:25 WIB
curhat_warga_batuaji.jpg Honda-Batam
Diskusi warga bersama Kapolsek Batuaji di Mitra Mall.

BATAMTODAY.COM, Batam - Tingginya angka kriminalitas membuat warga 'curhat' kepada pemangku keamanan di wilayah Batuaji. Hal itu disampaikan warga dalam sebuah forum 'curhat' yang digelar Kapolsek Batuaji, Komisaris Polisi Zaenal Arifin bersama jajarannya dengan warga, Senin (24/11/2014).

Dalam acara yang digelar di sebuah kedai kopi di Mitra Mall, Batuaji, warga tak segan menyampaikan uneg-unegnya seputar permasalahan keamanan di salah satu kecamatan terpadat penduduknya di Batam itu.

Sitanggang, Ketua RT 05 RW 10 Kelurahan Bukit Tempayan, Kecamatan Batuaji, mengatakan kepada pihak kepolisian agar selalu berpatroli dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar dapat menekan angka kriminalitas di wilayah tersebut.

"Ya kita harapkan agar selalu sosialisasi kepada masyarakat, karena masih banyak angka kriminal di sekitar Batuaji ini, begitu juga dengan kumpul kebo dan balap liar lainya, agar hal-hal seperti itu berkurang dan otomatis tidak ada lagi di tengah masyarakat," kata Sitanggang.

Menanggapi keluh kesah dan masukan masyarakat setempat,  Zaenal mengatakan pihaknya membutuhkan sinergi dengan masyarakat dalam mewujudkan sebuah keamanan dan ketertiban.

"Semua tergantung masyarakat itu sendiri, karena masyarakat termasuk peran sangat penting untuk keamanan di wilayahnya masing-masing, jadi ini kerja sama yang bagus, kita akan memenuhi semua masukan dan saran dari masyarakat," kata mantan Kapolsek Batuampar ini.

Zaenal mengimbau, kepada seluruh masyarakat agar tidak main hakim sendiri, ketika mendapakan masalah atau penangkapan terhadap maling atau sejenisnya, segerah melaporkan dan menyerahkan pelaku kepada pihak kepolisian.

Selain itu, dia juga berpesan masyarakat juga harus tanggap dalam menemukan berbagai kejanggalan sosial, seperti adanya kumpulan anak muda yang diduga memakai narkoba agar segera dilaporkan ke pihak berwajib.

Editor: Dodo