Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kotak Hitam Merpati MA-60 Ditemukan di Dasar Laut
Oleh : Redaksi/TN
Minggu | 08-05-2011 | 17:13 WIB

Kaimana, batamtoday - Kotak hitam Pesawat Merpati MA-60 yang jatuh kemarin sekitar pukul 14.00 WIT akhirnya berhasil ditemukan tim penyelam di sekitar lokasi peristiwa, di perairan dekat bandara Kaimana, Minggu 8 Mei 2011, sekitar pukul 16.00 WIT.

Kotak hitam atau Blackbox tersebut selanjutnya akan diperiksa pihak berwenang untuk mendapat kepastian tentang penyebab jatuhnya pesawat. Dan untuk sementara kotak hitam disimpan di Mapolres Kaimana AKBP Antonius Wantri Julianto.

"Kotak hitam sudah ditemukan, tadi sekitar pukul 16.00 WIT. Saat ini kotak hitam itu untuk sementara disimpan di posko,” kata Antonius.

Antonius mengatakan, kondisi kotak hitam tersebut dalam keadaan baik dan tidak rusak. Tim penyelam menemukan kotak itu dan langsung membawanya ke daratan.

Kotak hitam atau black box adalah perangkat perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.

Fungsinya adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dengan ATC atau Air traffic control serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.

Walaupun dinamakan kotak hitam, tetapi sesungguhnya kotak tersebut berwarna jingga/oranye. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.