Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Belum Temukan Narkoba, Besok BNN Akan Periksa Kembali Muatan KLM Maju Bersama II
Oleh : Hendra Zaimi
Selasa | 26-11-2013 | 19:37 WIB
watermarked-IMG_20131126_181405.jpg Honda-Batam
Petugas BNN dan Bea Cukai Batam saat memeriksa isi boks muatan KLM Maju Bersama II yang berupa travel bag.

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Bea dan Cukai (BC) Batam memutuskan melanjutkan pemeriksaan muatan KLM Maju Bersama II pada Rabu (27/11/2013) besok, setelah pemeriksaan yang dilakukan hingga petang hari atau sekitar pukul 18.00 WIB, Selasa (26/11/2013), tidak berhasil menemukan narkoba yang diduga telah dimuat kapal tersebut.

Pantauan di lapangan, aparat gabungan dengan menggunakan dua ekor anjing pelacak K-9 milik BC Batam memeriksa satu per satu muatan kapal yang sebagian sudah dikemas dalam bentuk kotak.

Setelah beberapa jam melakukan pemeriksaan, seekor anjing pelacak mencium dua buah kotak yang diduga berisi narkoba. Namun setelah dibuka, di dalamnya hanya berisi sebuah travel bag.

Petugas BC Batam dan BNN membuka travel bag berukuran bekas, dan di dalamnya masih ada lagi travel bag berukuran sedang. Dan dibuka lagi, di dalamnya ada travel bag kecil. Meskipun sudah memeriksa secara detail, petugas tak juga menemukan narkoba.

Di kotak selanjutnya juga sama, berisikan travel bag berukuran besar, sedang dan kecil. Petugas juga belum berhasil menemukan yang dicari.

Pemeriksaan barang muatan kapal baru beberapa saja yang diperiksa dan ditempatkan di gudang PT Persero, sedangkan barang lain masih ada dia tas kapal dan belum dibongkar.

Dikarenakan hari sudah malam, petugas gabungan ini menghentikan pemeriksaan dan akan melanjutkan periksaan esok hari. Muatan kapal yang sudah diperiksa disimpan di dalam gudang dan kemudian disegel, sama seperti barang yang masih berada di atas kapal.

Adapun muatan kapal adalah barang-barang bekas seperti tas serta barang lainnya. Bahkan tampak juga kasur bekas berbagai ukuran. 

Rencananya kapal KLM Maju Bersama II akan berlayar menuju Tembilahan, Riau, sebelum ditegah aparat gabungan BNN dan BC Batam. (*)

Editor: Dodo