Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ikon Google Hari ini

Siapa Sih Sir John James Audubon??
Oleh : sumantri
Selasa | 26-04-2011 | 19:49 WIB
John_James_Audubon.jpg Honda-Batam

John James Audubon Ornithologist Ilmuan yang mempelajari dunia burung

Batam, batamtoday - Google Inc, memang tak ada habisnya menciptakan perubahan revolusioner dengan desain web browser. Hari ini, Selasa 26 April 2011, Google menampilkan ikon baru dengan tema "Birds of America Series" karya pelukis Ornithologist, ilmu yang mempelajari tentang burung dan subyeknya adalah ilmuan yang mempelajari tentang burung.

Logo google yang biasanya nagkring, konvensional dengan tampilan hurup yang khas dan paduan warna yang juga pas. Tiba-tiba digantikan dengan lukisan burung. Sehingga menimbulkan jutaan pertanyaan ketika melihat halaman google hari ini.

Ternyata hari ini merupakan hari kelahiran John James Audubon. Nah, pasti pada gak kenal kan? Siapa sih John James Audubon itu?

John James Audubon adalah seorang seniman dan ornithologist (sekali lagi, ilmuan yang mempelajari tentang burung) yang lahir di Saint Dominigue (sekarang menjadi Haiti) pada tanggal 26 April 1785. Beliau di kenal sebagai pelukis yang merintis teknik melukis burung secara langsung di alam bebas.

Karya John James Audubon yang paling terkenal adalah Birds of America Series. Sebuah buku menakjubkan yang berisi 435 gambar burung-burung di United States yang merupakan hasil karya beliau. Pria yang merupakan anak pasangan Jean Audubon dan Mademoiselle Rabin ini meninggal pada tanggal 27 Januari 1851.

Selama Revolusi Amerika, Jean Audubon dipenjarakan oleh Inggris. Setelah dibebaskan, ia membantu penyebab Amerika. Sebuah pemberontakan budak di Saint-Domingue tahun 1788 Jean Audubon yakin untuk menjual kepemilikan lahan dan kembali ke Prancis.

Ketika Audubon pada usia 18 kapal naik untuk imigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1803, ia mengubah namanya menjadi bentuk keinggeris-inggerisan: John James Audubon.

Minat Audubon terhadap alam didorong oleh ayahnya. Ayahnya berencana untuk menjadikan ia seorang pelaut. Pada usia dua belas tahun, Audubon pergi ke sekolah militer dan menjadi seorang anak kabin. Dengan cepat ia menemukan bahwa ia rentan terhadap mabuk laut dan tidak suka matematika atau navigasi.

Setelah gagal tes kualifikasi perwira itu, Audubon mengakhiri karir walau baru mulai di angkatan laut. Dia riang kembali di tanah yang kokoh dan menjelajahi bidang ketertarikannya serta fokus pada burung.

Disarikan dari berbagai sumber