Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pesta Gendang Nusantara XIV Melaka Malaysia

Megad Syah Alam Lingga Wakili Kepri ke Melaka
Oleh : Ardi/TN
Senin | 25-04-2011 | 09:12 WIB
web_tari.jpg Honda-Batam

Megad Syah Alam, salah satu sanggar tari kebanggan Lingga.

Lingga, Batamtoday – Bersempana dengan Hari Ulang Tahun Bandaraya Melaka Bersejarah ( BMB) Ke-8 tahun 2011 Pemerintah Kerajaan Malaka mengadakan Festival Gendang Nusantara ( FGN ) XIV yang dihadiri 22 negara undangan termasuk beberapa daerah di Indonesia, dan salah satunya adalah Kabupaten Lingga.

Undangan Kerajaan Melaka ini merupakan suatu kehormatan atas hubungan kerjasama yang terjalin secara historis serta kontribusi positif wisatawan Melaka ke Lingga dan dalam rangka memperat tali silaturahmi. Lingga datang dengan Tim Kesenianya, Megad Syah Alam.

Sebelum tampil sebagai Primadona dalam Pergelaran tersebut, Megad Syah Alam juga unjuk kebolehan sebagai Pocket Show diempat lokasi tersohor seperti, Menara Taming Sari, Objek wisata Taman Rempah, Jonker Walk dan Melaka Mall.

Megad Syah Alam dalam penampilannya dalam acara puncak, mempersembahkan Tarian Sebait Tun Bilik yang memukau ribuan penonton di dataran BMB.

Acara tersebut dibuka oleh Datuk Bandar Majelis Bandaraya Melaka Bersejarah, Datuk Zainal Bin H.Abu dan sambutan berturut –turut dari Ketua Menteri Melaka,YAB Datuk seri H Mohd Ali Bin Rustam dan Yang DiPertuan Negeri Melaka, Tun Datuk Seri Utama Mohd. Khalil Bin Yakob.

Tim Kesenian Kabupaten Lingga adalah satu-satunya utusan Kepri dari beberapa undangan dearah lain yang mewakili Indonesia seperti; Dinas Pariwisata Kota Bukittinggi, Sumbar Talenta H.W.K Sumatera Barat, Sanggar Sri Gemilang Indragiri Hilir Provinsi Riau,

Lalu, Tim Kesenian Kabupaten Kerinci Jambi, Sanggar Tuah Betung Dumai, Sanggar Pocut Meurah Inseun Lhoksumawe Aceh, Sanggar Seni Anugerah Asahan Medan, Sanggar Tari Passiana Sulawesi Selatan, Sanggar Seni Intenn Sewangga Bandung Jawa Barat, Unit Kegiatan Seni Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi DKI Jakarta, Sinar Budaya Kesultanan Serdang Berdagai dan Undangan beberapa negara tetangga seperti, srilangka, Thailand, India dan korea Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga, Drs Juanidi,  saat dihubungi batamtoday menyampaikan bahwa, selain menerima berbagai penghargaan dalam PGN XIV tersebut, Tim Kesenian Lingga juga telah mengikrarkan perjanjian kerjasama dengan Majelis Gabungan Belia Melaka (MGBM) dan membuat agenda kunjungan ke Kabupaten Lingga tanggal 28 April s/d 1 Mei 2011 dengan tema Program Khidmat Masyarakat Serumpun Melayu, utamanya Singkep dan Daik, dalam bentuk kegiatan sosial.

MGBM, selain akan melakukan kunjungan ke objek wisata bersejarah di Lingga, juga akan ikut serta dalam acara Lingga Fishing Festifal (LFF) yang bakal digelar di Pena’ah Lingga dari tanggal 29 April s/d 1Mei 2011.