Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Stewart Downing Merapat ke West Ham United
Oleh : Redaksi
Selasa | 13-08-2013 | 10:02 WIB
downing.jpg Honda-Batam
Steward Downing. (Foto: mirror)

LONDON - West Ham United setuju membeli pemain sayap Stewart Downing dari Liverpool, kemarin. Nilai pembelian untuk Downing tidak diumumkan, namun Liverpool harus membayar £20 juta ketika membeli Downing dari Aston Villa pada Juli 2011.

Downing sudah dijadwalkan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum resmi bergabung ke tim asuhan Sam Allardyce tersebut. Pemain berusia 29 tahun ini sebenarnya dikenal sebagai pemain utama Liverpool namun dinilai gagal mengukuhkan diri sebagai salah satu pilar penting.

Selama musim 2012-2013 Downing 45 kali membela Liverpool dan mencetak lima gol. Secara keseluruhan ia mencetak tujuh gol di 91 pertandingan untuk Liverpool sejak pertengahan 2011.

Selain menempati posisi sayap, manajer Brendan Rodgers kadang menurunkannya sebagai bek kiri.

Jika proses kepindahan berjalan mulus, Downing akan menjadi pemain kedua Liverpool yang bergabung ke West Ham setelah pemain depan Andy Carroll.

Carroll yang berpostur jangkung tadinya dipinjamkan ke West Ham, namun kepindahan ini kemudian dipermanenkan dengan nilai transfer £15 juta. Nilai itu jauh di bawah angka £35 juga yang harus dibayar Liverpool ketika mendapatkannya dari Newcastle United pada Januari 2011.

Allardyce diperkirakan tertarik membeli Downing untuk menjadi pemasok bola bagi Carroll.

Sumber: BBC