Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Marc Marquez Cetak Kemenangan Bersejarah di Motogp Amerika
Oleh : Dodo
Senin | 22-04-2013 | 16:44 WIB
MARC_marquez.jpg Honda-Batam
Marc Marquez. (Foto: iamabiker.com)

TEXAS - Kemenangan bersejarah dicetak Marc Marquez di Circuit of the Americas, tuan rumah GP Amerika, Senin (22/4/2013) dini hari WIB. Marquez menetapkan dirinya sebagai pemenang kelas 500cc/Motogp termuda sepanjang sejarah. Saat menang di GP Amerika, usia Marquez adalah 20 tahun, 2 bulan, 4 hari.

Start dari pole position, Marquez sempat melorot hingga posisi ketiga saat lomba memasuki tikungan pertama. Start yang kurang sempurna membuat ia disusul Pedrosa dan Jorge Lorenzo yang masing-masing start dari posisi dua dan tiga.

Lorenzo mampu diamankan hanya beberapa tikungan, namun Pedrosa terlihat nyaman berada di depan. Tampil dengan motor yang sama persis, Pedrosa tampak sulit disusul Marquez. Hingga lap 12 Pedrosa masih berada di depan dengan selisih kurang dari 0,3 detik.

Masuk lap 13, manuver brilian dilakukan Marquez dengan late braking dan mengambil sisi dalam tikungan membuat Pedrosa tak berkutik. Praktis, dengan sisa delapan lap dan ban yang mulai menipis, Pedrosa tidak bisa berbuat banyak. Menjelang finis dengan sisa tiga lap, Marquez tak tertahan dan semakin jauh meninggalkan Pedrosa hingga sedetik lebih.

Andalan tim Yamaha Factory, Jorge Lorenzo, tidak bisa berbuat banyak dengan kecepatan duet tim Repsol Honda, Marquez dan Pedrosa. Sepanjang lomba, Lorenzo hanya bertahan di posisi ketiga, tanpa mampu memperkecil jarak yang mencapai tiga detik.

Kuda hitam Yamaha, Cal Crutchlow, dan kuda hitam Honda, Stefan Bradl, berturut-turut menempati posisi empat dan lima. Keduanya sempat terlibat pertarungan sengit di pertengahan lomba sebelum Bradl menyerah dan tertinggal hingga enam detik dari Crutchlow.

Valentino Rossi harus puas berada di posisi keenam. Sejak awal GP Amerika, Rossi memang kerap kesulitan menaklukan sirkuit yang berada di negara bagian Texas itu.

Sumber: bolanews.com