Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Dimakamkan, Jenazah Hugo Chavez akan Diawetkan Seperti Lenin
Oleh : Dodo
Sabtu | 09-03-2013 | 08:51 WIB
hugo chavez.jpg Honda-Batam
Presiden Hugo Chavez, jenazahnya akan diawetkan seperti Lenin, Mao maupun Ho Chi Minh. (Foto: BBC)

CARACAS, batamtoday - Pemerintah Venezuela mengatakan jenazah Presiden Hugo Chavez yang diawetkan akan dipertunjukkan secara permanen di musium militer.


Wakil Presiden, Nicolas Maduro, mengumumkan bawa jenazah Chavez akan dibalsam dan ditempatkan di dalam peti kaca untuk ditempatkan di musium militer tidak jauh dari istana presiden.

"Kita memutuskan mempersiapkan jenazah Comandante President untuk dibalsam sehingga jasadnya terbuka selamanya bagi rakyat. Seperti Ho Chi Minh. Seperti Lenin. Seperti Mao Zedong," kata Maduro, dikutip dari BBC, Sabtu (9/3/2013).

Dengan demikian, tambah Nicolas Maduro, maka rakyat Venezuela akan bisa bersama Chavez selamanya.

Namun para wartawan mengatakan pameran jenazah Chavez akan menjadi masalah besar bagi pemilihan umum dan oposisi akan berusaha menempuh segala upaya untuk mencegahnya.

Jenazah Hugo Chavez akan disemayamkan setidaknya selama tujuh hari lagi agar warga berkesempatan memberikan penghormatan terakhir.

Upacara resmi penghormatan jenazah Chavez dilangsungkan kemarin dan dihadiri oleh para pemimpin dunia.

Di antara pemimpin yang telah berada di Karakas adalah Presiden Fernandez de Kirchner dari Argentina, Presiden Evo Morales dari Bolivia, Presiden Jose Mujica dari Uruguay dan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad.

Para pejabat mengatakan Wakil Presiden Nicolas Maduro dijadwalkan akan diambil sumpahnya sebagai presiden sementara dan selanjutnya akan mengumumkan pemilihan umum baru.

BBC/Dodo