Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Di Meral, Papan Transparansi Dana BOS Belum Dipasang
Oleh : Audi Audika/TN
Sabtu | 19-03-2011 | 10:52 WIB
meral.gif Honda-Batam

Papan transparansi dana BOS diwajibkan Kemendiknas untuk dipasang pihak sekolah yang mendapatkan kucuran dana BOS dari pemerintah. Masih ada SD di Meral, Kabpaten Karimun yang belum memasang papan transparansi tersebut. (Foto: Ist).

Karimun, batamtoday - Hingga saat ini, masih ada sekolah dasar (SD) di wilayah Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, yang belum membuat papan transparansi, terkait pengunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Pantauan batamtoday pada Jumat 18 Maret 2011, setidaknya hal itu terjadi di SD 004 dan SDN 014 Meral Karimun. Di kedua sekolah ini, tidak terlihat adanya papan transparansi tergantung yang dapat dilihat oleh masyarakat. Padahal, kedua sekolah ini sudah menggunakan dana BOS untuk triwulan pertama tahun 2011.

Kepala SDN 004 Meral, Khairul Saleh, kepada batamtoday mengatakan pihaknya sebenarnya sedang membuat papan transparansi tersebut. Hanya saja, Khairul mengaku tidak tahu harus menggantungkannya di mana.

"Kami tidak tahu mau digantung di mana papan tersebut. Kalau asal gantung, takut ditarik anak-anak," ujar Khairul beralasan.

Hal yang sama juga terjadi di SD Negeri 014 Meral, pihak sekolah belum juga membuat papan transparansi penggunaan dana BOS, pihak sekolah hanya menempel penggunaan dana BOS tahun 2010 triwulan pertama.

Kepala Sekolah SD Negeri 014 Meral Nirmala Sari juga memberi penjelasan yang sama, tidak tahu harus digantung dimana.

"Papan tranparansi sudah dibuat, mas, namun belum kami tempelkan ditempat yang mudah
dilihat, kami belum tahu digantung dimana," ujar Nirmala.

Nirmala tidak menjelaskan kapan papan tranparansi itu akan dibuat dan ditempelkan agar dapat diketahui masyarakat.

Pihak Kementerian Pendidikan Nasional, mewajibkan pemasangan papan transparasni kepada sekolah yang mendapatkan bantuan dana BOS dari pemerinta. papan tersebut digantung di sekolah sehingga dapat dengan mudah dilihat dan dikethaui masyarakat luas.