Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gebrakan Lis Darmansyah

Penilaian Kinerja Kepala SKPD Ditentukan para Stafnya
Oleh : ah/dd
Rabu | 23-01-2013 | 11:31 WIB
Lis-Darmansyah-1.jpg Honda-Batam
Lis Darmansyah memberikan keterangan kepada wartawan

TANJUNGPINANG, batamtoday - Wali Kota Lis Darmansyah membuat gebrakan baru dalam penentuan personil yang akan mengisi kabinetnya. Dalam menentukan kelayakan seseorang untuk mengisi jabatan struktural di seluruh SKPD, Lis akan meminta penilaian dari staf dan jajaran SKPD tersebut.


Hal itu diungkapkan Lis Darmansyah saat melakukan sidak di Dinas KP2KE Kota Tanjungpinang, Selasa (23/1/2013). Dan menurutnya, setiap orang layak untuk dipromosikan menjadi pimpinan jika memiliki bakat dan keahlian yang dibutuhkan untuk kemajuan kota Tanjungpinang.

"Setiap orang berhak dipromosikan jadi yang terbaik. Jadi kita akan menerapkan penilaian seorang kepala SKPD, layak tidak layaknya, dengan cara memintai tanggapan dari masing-masing staf dan jajaranya. Seperti pemilukada, kita berikan kotak suara," ujar Wali Kota Tanjungpinang ini.

Seorang kepala SKPD, kata Lis, harus memenuhi sejumlah persyaratan untuk mendapatkan poin-poin yang harus dilaluinya, diantaranya jam kerja atau disiplin masuk kantor, selalu memiliki gebrakan tiap bulannya/ inovasi baru, tidak membuang-buang waktu buat hal yang tidak penting.

Selain itu, kepala SKPD juga harus turun langsung ke lokasi atau warga jika ada masalah yang kaitannya erat dengan dinas yang terkait. Jadi selalu memberikan pelayanan terbaik, terbuka untuk publik dalam suatu kegiatan yang mengunakan anggaran negara.

Jika didapati pelanggaran, Lis pun mengaku tidak akan segan-segan memberikan sanksi dan melakukan mutasi bagi SKPD yang membandel.

"Kita harapkan, dengan metode ini dapat meningkatkan kinerja dari masing SKPD agar beromba-lomba memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga. Kotak suara untuk menampung penilaian dari staf yang kita taruh akan kita umumkan tiap bulannya pada tanggal 17. Dan jika didapati kebocoran atau permainan, maka seluruh staf dan jajaran SKPD tersebut siap-siap diberikan sanksi," tutur Lis.

Dan untuk pegawai atau pejabat SKPD yang berprestasi, dirinya juga berjanji akan memberikan reward atau penghargaan sebagai bentuk rasa terima kasih atas kinerja dan upayanya untuk mengharumkan nama kota Tanjungpinang, dan memberikan yang terbaik untuk warga Tanjungpinang agar lebih sejahtera.

"Bagi SKPD atau pegawainya yang berprestasi, kita berikan penghargaan. Dan untuk yang bandel, ya siap-siap saja dimutasi atau diberikan sanksi," ujarnya.