Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

XL Axiata Gelar Pelatihan Digital dan Kesempatan Magang Penyandang Disabilitas di Medan
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 06-08-2024 | 18:24 WIB
XL-Peduli-Disabilitas2.jpg Honda-Batam
Corporate Community Engagement XL Axiata, Astri Mertiana (paling kiri) saat menjelaskan kepada peserta pelatihan digital, Ahmad Prayoga (kanan) di Rumah Difabel Sharaswaty, Medan, Selasa (6/8/2024). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Medan - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Peduli menggelar rangkaian pelatihan digital di Medan, untuk peningkatan kompetensi para penyandang disabilitas. Bertempat di Rumah Difabel Sharaswaty, Medan, 6-7 Agustus 2024, pelatihan ini bertujuan membekali para peserta disabilitas agar siap memasuki dunia kerja. Head Direct Channel XL Axiata Region West, Nadra Dwiyana hadir dalam acara pembukaan.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, mengatakan, XL Axiata berkomitmen menjalankan berbagai program yang sejalan dengan prinsip SDG’s (Sustainable Development Goals). Melalui program ini, XL Axiata ingin memberikan dukungan kesiapan kerja yang inklusif bagi para penyandang disabilitas.

"Menyediakan lingkungan kerja inklusif yang sesuai dengan prinsip yang dimiliki oleh XL Axiata, yaitu mendukung prinsip Keberagaman, Kesetaraan, dan Inklusivitas (Diversity, Equity, Inclusivity/DEI). Harapannya, setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta disabilitas dapat memiliki rasa percaya diri yang lebih meningkat sehingga dapat meraih kesempatan yang setara dalam dunia kerja," ujar Desy, Selasa (6/8/2024).

Desy menambahkan era digital menjadi tantangan bagi masyarakat Indonesia yang baru masuk ke kategori angkatan kerja, terutama yang akan memasuki dunia kerja. Jangankan teman-teman disabilitas, bagi teman-teman non disabilitas saja perlu memiliki pembekalan siap kerja yang memadai agar bisa bersaing masuk memenuhi kebutuhan dunia kerja. Sebagai perusahaan yang peduli saudara-saudara kita yang disabilitas, pelatihan kompetensi digital dan siap kerja ini akan disesuaikan dengan kurikulum yang menjadi kebutuhan mereka.

Peserta yang mengikuti pelatihan di Medan ada sebanyak 30 orang ini memiliki rentang usia 18-40 tahun. Para peserta diajarkan bagaimana meningkatkan keterampilan digital dan memanfaatkan sarana digital khususnya dalam dunia kerja. Materi Literasi digital yang diberikan antara lain tentang assessment potensi diri dengan graphology, digital workspace, dokumentasi audio visual, publikasi digital di media sosial serta pembekalan tentang ruang kerja inklusif itu sendiri. Semua materi pelatihan yang diberikan didampingi oleh mentor-mentor yang sudah berpengalaman di bidang masing-masing, antara lain Fotografer/Pengajar Audiovisual, Satto Raji, Digital Marketing, Molly Mochtar, dan Dosen/Fasilitator Literasi Digital, Akbar Muhibar.

Peserta disabilitas terpilih yang telah mengikuti rangkaian program ini, akan memperoleh kesempatan magang selama enam minggu di kantor XL Axiata yang tersebar di empat kota yaitu Medan, Surabaya, Bandung dan Jakarta. Sebagai dukungan penuh terhadap program magang, manajemen XL Axiata juga secara khusus akan menyiapkan lingkungan kerja yang inklusif bagi peserta magang penyandang disabilitas. Di Medan, XL Axiata kembali memberi kesempatan disabilitas untuk magang di kantor XL Medan, dimana sebelumnya XL Axiata juga sudah menerima 5 orang disabilitas, di antaranya teman tuli, disabilitas netra, dan disabilitas daksa.

Rangkaian program XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja dimulai sejak 30 Juli 2024. Pelatihan akan dilakukan di empat kota besar yaitu, Surabaya, Medan, Bandung, dan Jakarta. Peserta pelatihan ini terdiri dari 115 penyandang disabilitas, yang berasal dari enam mitra komunitas disabilitas lokal yang berasal dari Rumah Difabel/Khadijah Sharaswaty Indonesia Medan, Dilans Indonesia Bandung, Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus Surabaya, FeminisThemis Surabaya, Tim Bisindo dan Aksesibilitas Surabaya, Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia, serta juga didukung oleh mitra kerja dari Yayasan Benihbaik dan komunitas Bloggercrony.

Melalui program XL Axiata Baik, karyawan pun sudah dipersiapkan untuk mendampingi para rekan kerja disabilitas terpilih nantinya. Para karyawan terpilih dari berbagai departemen di kantor XL Axiata nantinya akan mendampingi dan memberikan penjelasan seputar proses dan lingkungan kerja di XL Axiata. Pelatihan bagi karyawan agar dapat mendampingi, berinteraksi dan bekerja sama dengan rekan kerja disabilitas juga telah digelar oleh XL Axiata.

Melalui rangkaian kegiatan ini, XL Axiata ingin memfasilitasi peningkatan potensi, kompetensi dan rasa percaya diri individu disabilitas agar mampu berinisiatif dan bermakna di lingkungannya serta memperoleh kesempatan yang setara dalam dunia kerja dan terus #jadilebihbaik.

Editor: Yudha