Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gempa Dahsyat 7,6 M Guncang Mindanao Filipina, Indonesia Aman dari Terjangan Tsunami
Oleh : Redaksi
Minggu | 03-12-2023 | 08:34 WIB
gempa_flipina_b.jpg Honda-Batam
Ilustrasi (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Mindanao - Gempa berkekuatan magnitudo 7,6 mengguncang Filipina pada Sabtu (2/12/2023) malam, tepatnya di wilayah Mindanao.

Dilansir Reuters, Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) mengatakan gempa itu melanda Mindanao dengan kedalaman 63 kilometer (39 mil).

Selain itu, sistem peringatan tsunami Amerika mengeluarkan peringatan tsunami setelah gempa itu mengguncang Filipina.

Tsunami diperkirakan menghantam Filipina dan Jepang imbas gempa mengguncang wilayah Mindanao dengan kekuatan 7,6 pada Sabtu (2/12/2023) malam itu .

Badan Seismologi Filipina mengatakan gelombang tsunami akan menghantam Filipina sekitar tengah malam waktu setempat dan diperkirakan akan berlangsung selama berjam-jam.

Sementara itu, saluran TV Jepang NHK mengatakan gelombang tsunami diperkirakan akan mencapai pantai barat Negeri Sakura itu pada Minggu (3/12/2023) dini hari sekitar 01.30 waktu setempat. Jepang sendiri dihamtam tsunami setinggi 40 meter

Namun, berdasarkan keterangan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, tsunami tidak akan menghantam Indonesia. Gempa hanya mengguncang sekitar wilayah Naha, Sulawesi Utara.

"Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Naha, Sulawesi Utara dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Daryono dalam keterangan, MInggu (3/12/2023).

Dengan demikian, Daryono mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," imbaunya.

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 7,5 mengguncang wilayah Mindanao, Filipina, pada Sabtu (2/12/2023) malam sekitar pukul 22.37 waktu setempat.

Editor: Dardani