Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cen Sui Lan Optimis Pembangunan Pelabuhan Dompak dan Tanjung Moco Dilanjutkan 2023
Oleh : Putra Gema
Senin | 05-12-2022 | 13:40 WIB
CSL-Moco-TPI.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Cen Sui Lan saat meninjau Pelabuhan Tanjung Moco, Minggu (4/12/2022) lalu. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Komisi V DPR RI, Fraksi Golkar, Dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan akan segera menyelesaikan pembangunan Pelabuhan FTZ Tanjung Moco, Kota Tanjungpinang dan Pelabuhan Dompak pada tahun 2023 mendatang.

Cen Sui Lan mengatakan, penyelesaian pembangunan dua pelabuhan ini, sama artinya menyelamatkan uang negara sebesar Rp 250 miliar.

Ia menjelaskan, pada kunjungannya ke dua lokasi ini, Minggu (4/12/2022) siang, telah melihat langsung kondisi riil pelabuhan yang dibangun sejak tahun 2009 tersebut. Tetapi, kondisinya masih belum bisa difungsikan. Padahal, sudah menghabiskan Rp 120 millar.

Saat peninjauan itu, Cen Sui Lan didampingi Kepala KSOP Tanjungpinang Ditjen Hubla KemenHub RI dan stafnya serta staf ahli DPR RI Victor Angsono, Herdyanto dan Agustar.

Cen Sui Lan bersama Kol (Mar) Benyamin Ginting meninjau bagian darat kawasan pelabuhan Tanjung Moco dan jalan pelabuhan (pelantar) menuju laut sepanjang 600 meter. Tahun anggaran 2023, Cen Sui Lan menginginkan, pelabuhan FTZ Tanjung Moco Tanjungpinang ini diselesaikan.

"Sehingga bisa difungsikan sebagai pelabuhan bongkar muat. Saya memastikan, penyelesaian pembangunan pelabuhan Tanjung Moco, pada tahun anggaran 2023 dianggarkan Rp 15 miliar. Biar bisa berfungsi, dengan menuntaskan pembangunan infrastruktur di sisi daratnya," kata Cen Sui Lan, Senin (5/12/2022).

Tidak hanya Pelabuhan Tanjung Moco, pada 2023 mendatang Cen Sui Lan juga akan menganggarkan pembangunan pelabuhan Dompak di Tanjungpinang yang telah mangkrak bertahun-tahun lamanya. "Pelabuhan-pelabuhan ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kota Tanjungpinang dan Kepri umumnya," ujarnya.

Menurut Cen Sui Lan, penyelesaian 2 pelabuhan ini juga dapat menyelamatkan uang negara yang sudah dianggarkan ratusan miliar. "Kan sayang sekali, dua pelabuhan ini belum difungsikan. Padahal, pembangunan pelabuhan Tanjung Moco sudah menghabiskan anggaran Rp 120 miliar, dan pelabuhan Dompak Rp 130 miliar. Kalau diselesaikan, bisa memberikan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat Kepri," tegasnya.

"Tak kalah pentingnya, kalau kita selesaikan pembangunan pelabuhan Tanjung Moco dan pelabuhan Dompak ini, sama saja kita menyelamatkan uang negara Rp 250 miliar yang sudah dialokasikan sebelumnya. Saya harapkan ada support juga dari pemerintah kota dan provinsi," tutupnya.

Editor: Gokli