Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kunjungi Rumah Bahagia Bintan

Gubernur Harapkan Tak Ada Lagi Lansia Terlantar di Kepri
Oleh : chr/dd
Senin | 27-08-2012 | 14:33 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Gubernur Provinsi Kepulauan Riau HM Sani didampingi Bupati Ansar Ahmad melakukan kunjungan ke Rumah Bahagia Bintan, Senin (27/8/2012).


Dalam kesempatan tersebut, Ansar Ahmad mengucapkan terimakasih kepada Gubernur yang datang berkunjung ke Rumah Bahagia Bintan.

"Dalam kesempatan ini, kami laporkan jumlah lansia orang tua penghuni Rumah Bahagia saat ini ada 30 orang, namu karena beberapa bulan lalu, ada yang meninggal, hingga saat ini, tinggal 27 orang, awalnya dibiayai dari APBD Bintan, tetapi karena ada orang tua dari Kota Tanjungpinang, hingga sampai saat ini terkendala dengan alokasi dana yang sangat minim," kata Ansar.

Ansar berharap, kedepan dapat menampung orang tua dari sejumlah daerah lainya, dengan bantuan dan pembinaan dari Provinsi Kepri.

Selain itu, Ansar juga mengatakan kedepan dalam APBD 2013 Bintan, akan melaksanakan pembangunan Rumah Bahagia Bintan untuk laki-laki. Hal itu dilaksanakan, atas permintaan masyarakat atas banyaknya juga warga lansia laki-laki yang membutuhkan penampungan sama dengan Rumah Bahagia Bintan yang saat ini menampung 27 lansia perempuan.

"Selain tinggal, kegiatan para lansia di Rumah Bahagia biasanya sudah terprogram yang diantaranya, shalat, kegiatan kegamaan dan olah raga, serta sejumlah kegiatan aktivitas lainnya," ujar Ansar lagi.

Tahun ini sendiri, baru dilaksanakan pembangunan jalan, dan direncanakan tahun depan akan dilanjutkan. Selain itu dalam kesempatan tersebut Bupati Bintan juga meminta bantuan pada pemerintah provinsi agar dapat melaksanakan pembangunan panti anak cacat dan panti asuhan anak korban traffciking.

"Harapan kami, dengan adanya rumah Bahagia ini, tidak ada lagi orang tua lagi yang hidup terunta-lunta, akibat ekonomi dan keadaan kondisi keluarga," pungkas Ansar.

Sementara itu, dalam kunjungannya, HM Sani mengucapakan mohon maaf lahir dan batin karena sempena masih dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri.

"Kedatangan kami ke Rumah Bahagia ini, sebagai bentuk dan dari hati yang tergerak, dalam rangka silaturahmi,dan diharapkan semua ibu-ibu agar tetap sehat dalam menjalankan ibadah dan para Lansia diharapakan dapat bersabar kendati jauh dari keluarga, hingga tetap senang dan bahagia di Rumah Bahagia Bintan," kata Gubernur.

Sani juga mengatakan, pemerintah akan tetap memperhatikan, pelaksanaan pembinaan rumah Bahagia, demi kelangsungan penghuni lansia di rumah Bahagia Bintan.

Selain itu, Sani juga mengatakan terhadap dana pembinaan dan operasional Rumah Bahagia, pihak Pemerintah Provinsi Kepri dalam waktu dekat ini akan merealisasikan melalui dana APBD-P Kepri serta pelaksanaan pembangunan Rumah Bahagia bagi laki-laki maupun pembangunan panti asuhan anak terlantar dan korban trafficking akan segera dikoordinasikan teknis pembangunannya.