Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

2013, Dana Transfer ke Daerah Capai Rp 700 Triliun
Oleh : Surya
Selasa | 31-07-2012 | 08:07 WIB
SBY1.jpg Honda-Batam

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

JAKARTA, batamtoday - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberi bocoran sedikit soal nota keuangan 2013 yang akan ia sampaikan pada 16 Agustus mendatang. Saat berbuka puasa di rumah Ketua DPD Irman Gusman, SBY mengungkapkan dalam nota keuangan itu transfer ke daerah akan melampaui Rp 500 triliun atau sekitar Rp 700 triliun.


"Saya juga ingin sampaikan pada 16 Agustus, saya akan menyampaikan pidato kenegaraan dan juga laporan nota keuangan. Satu hal yang diusulkan teman-teman DPD tentang transfer dana ke daerah. Insya Allah akan melampaui Rp 500 triliun, saya mengajak mari kita kawal dan sukseskan," kata SBY.

Hal itu dikatakan SBY saat memberi sambutan di acara buka puasa bersama di rumah dinas Ketua DPD, Jalan Denpasar, Kuningan, Jakarta, Senin (30/7/2012).

SBY menambahkan, tidak selamanya sistem desentralisasi berakibat buruk pada pembangunan daerah. Pilihan desentralisasi dengan otonomi daerah ini, kata SBY, dilakukan sebagai koreksi yang dilakukan terhadap kebijakan pada pemerintahan sebelumnya.

Oleh karena itu, presiden meminta agar tidak berjalan mundur atau berupaya menghapus sistem yang diambil sejak era reformasi ini.

Acara buka puasa bersama juga turut dihadiri Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Sementara SBY ditemani ibu negara Ani Yudhoyono. Tampak pula Wakil Presiden Boediono beserta istri, serta sebagian menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, anggota DPD dan anggota DPR.