Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tingkatkan Skill Pekerja, Disnaker Karimun Gelar Pelatihan Rigger dan Scaffolding
Oleh : Freddy
Senin | 23-05-2022 | 18:04 WIB
rigger-scaffolding-karimun.jpg Honda-Batam
Pelatihan Rigger dan Scaffolding yang digelar Disnaker Karimun di Hotel Alishan, Senin (23/5/2022). (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Karimun, menggelar pelatihan berdasarkan unit kompetensi yakni Rigger dan Scaffolding Tahun 2022.

Pelatihan Rigger dan Scaffolding Tahun 2022 tersebut, resmi dibuka Bupati Karimun, Aunur Rafiq di Hotel Aston Karimun, Senin (23/5/2022). Pelatihan ini akan berlangsung selama 5 hari.

Adapun total peserta pelatihan Rigger dan Scaffolding berjumlah 73 orang, dengan rincian 36 peserta dari 12 kecamatan mengikuti pelatihan Rigger serta 37 peserta dari 11 kecamatan mengikuti pelatihan Scaffolding.

Bupati Karimun mengatakan, untuk 17 jenis pelatihan, Pemkab Karimun telah mengalokasikan anggaran sebanyak Rp 4 miliar dari APBD. Pelatihan ini, rencananya diikuti 430 peserta.

"Kepada peserta untuk mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya dan serius agar memiliki kualitas, sehingga sertifikasi yang dimiliki dapat dipergunakan sebagai salah satu modal untuk mencari kerja," pesan Aunur Rafiq.

Sementara Kepala Bidang Pelatihan Disnaker Karimun, Armansyah, mengatakan, pelatihan Rigger dan Scaffolding dilaksanakan bekerjasama dengan perusahaan jasa K3 yakni PT Tri Multi Guna Solusi dan PT Tachi Trainindo. "Acara pembukaan dilaksanakan di Hotel Aston Karimun dan untuk pelaksanaan kegiatan pelatihan dilaksanakan di Hotel Alishan," jelasnya.

Ia menjelaskan, pelatihan tersebut akan berlangsung selama 5 hari yang dimulai Senin - Jumat (23-27/5/2022). "Pelaksanaan teori dilakukan selama 3 hari dan 2 hari untuk pelaksanaan praktek lapangan serta ujian tertulis akan diawasi langsung dari Kementerian Tenaga Kerja melalui zoom," kata dia.

Lanjutnya, peserta pelatihan Rigger dan Scaffolding yang berasal dari luar Pulau Karimun akan disediakan akomodasi dan uang bantuan transportasi. "Untuk narasumber atau instruktur dalam pelatihan tersebut berasal dari Kementerian Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepri dan praktisi yang berkompeten di bidangnya," tutupnya.

Editor: Gokli