Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemadaman Listrik di Batam Terancam Berlanjut
Oleh : Ocep/Dodo
Jum'at | 20-07-2012 | 17:02 WIB

BATAM, batamtoday - PT PLN Batam mengalami defisit daya listrik sebesar 70 megawatt akibat penghentian pasokan gas dari Perusahaan Gas Negara (PGN).


Agus Subekti, Humas PT PLN Batam mengungkapkan, pasokan gas untuk PLTG Panaran terhenti sehingga mereka mengalami defisit daya listrik hingga 70 MW.

Akibatnya, PLN Batam terpaksa melakukan pemadaman bergilir sejak 17 Juli lalu.

Hal ini memperpanjang pemadaman bergilir yang dilakukan PLN Batam setelah selama tiga bulan terakhir kondisi itu sudah terjadi akibat rusaknya salah satu generator PGN Panaran.

Agus menjelaskan, pemakaian gas oleh PLN Batam saat ini sudah melebihi kuota yang tercantum dalam kontrak kerjasama antara PLN Batam dengan PGN

"Pemakaian gas kami sudah melampaui kuota," ujarnya, Jumat (20/7/2012).

Sementara itu, Sutrisno, Senior Account Executive PGN mengatakan penghentian suplai gas dilakukan karena PLN Batam memakai gas jauh melebihi kontrak.

"Kontrak PGN dengan PLN Batam itu bersifat harian. Sebelumnya kami sudah ingatkan mereka jangan memakai terlalu banyak karena dari evaluasi terlihat lonjakan pemakaian, mencapai 15 Bbtud, " jelasnya.

Sutrisno mengatakan pihaknya sudah sering mengingatkan PLN Batam untuk menggunakan gas sesuai alokasi kontrak yang ada.

PGN lanjutnya, tidak bisa membiarkan pemakaian gas melebihi kuota karena akan mengganggu proses sistem penyaluran gas ke seluruh pelanggan PGN yang lain.