Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jamu Tradisional 'Bu Erna' Batam Launching Ekstrak Jahe Merah
Oleh : Irwan Hirzal
Jumat | 25-12-2020 | 20:03 WIB
A-JAMU-ERNA.jpg Honda-Batam
Erna, Pengusaha Jamu Tradisional 'Bu Erna'. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAY.COM, Batam - Permintaan jamu tradisional 'Bu Erna' di awal masa pandemi corona awal Maret lalu, melonjak luar biasa. Apalagi, saat Presiden Jokowi memosting menu jamu seduhan jahe merah yang dikonsumsinya setiap hari. Sampai-sampai, untuk memenuhi kebutuhan pasar, Erna, pengusaha jamu tradisional 'Bu Erna' harus menambah tenaga kerja.

Sayangnya, saat Covid-19 makin berkepanjangan, bahkan jumlah pasien positif Covid-19 cenderung terus bertambah, perekonomian masyarakat pun terpukul. Maka, permintaan jamu tradisional pun juga berangsur turun.

Untugnya, pengusaha jamu tradional 'Bu Erna' sudah tergabung dalam Oke-Oce. Yaitu, salah satu program pembinaan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) binaan pengusaha Sandiaga Salahuddin Uno, jauh sebelum dilantik menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

BACA JUGA: Managemen Avava Batam Siap Orbitkan Jamu Tradisional Bu Erna

"Alhamdulillah, ini hikmah dari corona, yaitu ada permintaan agar kami memproduksi jamu tradisional ekstrak, sehingga bisa tahan lama dan jangkauan pemasarannya juga makin luas," ujar Erna, pengusaha jamu tradional 'Bu Erna' kepada BATAMTODAY.COM, Jum'at (25/12/2020).

Jamu tradisional ekstrak yang diproduksi 'Bu Erna' saat ini adalah jahe merah dalam kemasan botol plastik dan sachet. Selain jahe marah murni, ada 11 bahan-bahan ramuan tradisional lain yang menjadi tambahan. Mulai dari sambiloto sampai kunyit dan sebagainya. Untuk kemasan botol plastik dibandrol Rp 30 ribu per unit dan kemasan sachet isi 12 pcs dibandrol Rp 45 ribu.

"Saya beruntung dapat bimbingan dari Oke-Oce, sehingga diberi banyak informasi manajemen jamu tradional yang bisa menjawab kebutuhan pasar. Yaitu memproduksi ekstrak jamu jahe merah ini," lanjut Erna.

Selain itu, jamu tradisional 'Bu Erna' juga telah disurvey oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai persyaratan produk makanan atau minuman halal. Juga, dari instansi pemerintah terkait lainnya.

BACA JUGA: Jamu Tradisional Bu Erna Hadir di MB2 Palace Food Batam Center

Meski demikian, saat ini jamu produksi 'Bu Erna' itu masih dipasarkan secara langsung oleh pengecernya ke beberapa titik di Kota Batam. Juga, pemasaran melalui event-event pameran pemerintah Kota Batam.

"Alhamdulillah, produk jamu kami selalu mendapat undangan dari instansi di Batam untuk ikut pameran, karena produknya yang tradisional murni dan higienis serta halal," ungkap Erna mengakhiri.

Untuk pemesanan, hubungi Erna : 081364052062.

Editor: Dardani