Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sinar Mas Land Jalin Kerja Sama dengan JOIN Bentukan Badan Pengelolaan Investasi
Oleh : Redaksi
Kamis | 12-11-2020 | 14:36 WIB
A-SINAS-MAS-JOIN_jpg2.jpg Honda-Batam
Penandatanganan MoU Sinarmas Land Limited (SML) dan Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport & Urban Development (JOIN) di Singapura (9/11/2020). (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Singapura - Sinarmas Land Limited (SML) dan Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport & Urban Development (JOIN) menandatangani perjanjian kerja sama di Singapura pada 9 November 2020.

Kerjasama ini bertujuan untuk mendirikan JOIN SML Investment Partners Pte. Ltd (JSIP), sebuah badan pengelolaan investasi.

Nantinya, kedua perusahaan dapat menanam modal dan menjadi sumber bagi proyek infrastruktur.

Untuk itu, JSIP membuka peluang bagi perusahaan-perusahaan Jepang untuk turut berpartisipasi dalam bisnis infrastruktur mancanegara, khususnya di Indonesia.

Sinarmas Land dan JOIN sepakat menyetor modal masing-masing senilai US$ 2 juta dengan kepemilikan keduanya 50%. Kerja sama ini dilakukan Sinar Mas Land melalui Sinarmas Land Limited yang terdaftar di Bursa Singapura dan berkantor pusat di Singapura.

Di Indonesia, Sinar Mas Land beroperasi melalui tiga anak perusahaan publik Indonesia, yaitu PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Duta Pertiwi Tbk (DUTI) dan PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS).

Sementa itu, President dan CEO JOIN, Tatsuhiko Takesada mengatakan, pihaknya berniat untuk terus berpartisipasi dalam proyek-proyek mancanegara, mulai dari membuka peluang investasi hingga mendukung perusahaan-perusahaan Jepang untuk ikut serta dalam pembangunan di sektor transpostasi dan di daerah urban.

"Tujuan dibentuknya JOIN SML Investment adalah menjadi perusahaan yang menangani investasi tersebut. Kami senang dapat bekerja sama dengan Sinar Mas Land, pengembang properti terkemuka di Indonesia yang juga merupakan salah satu pilar Sinar Mas, salah satu grup konglomerasi terbesar di Asia. Kami akan bekerja sama dalam memajukan usaha ini," papar President dan CEO JOIN Tatsuhiko Takesada.

Pada saat yang sama, Group Chief Executive Officer Sinar Mas Land, Michael Widjaja mengungkapkan, pemerintah Indonesia saat ini sedang giat mendatangkan lebih banyak investasi untuk pembangunan infrastruktur. Badan pengelolaan investasi seperti JSIP akan menjawab kebutuhan pengembangan bisnis dari investor swasta asing.

"Berbekal reputasi dan koneksi yang baik dari JOIN, serta pengetahuan lokal dari Sinar Mas Land, JSIP akan mengelola penanaman investasi ke pengembangan infratrusktur dan pengembangan berorientasi transit (Transit-Oriented Development/TOD) agar dapat memberikan kontribusi yang positif pada pengembangan township kami," kata Group Chief Executive Officer Sinar Mas Land, Michael Widjaja mengakhiri.

Editor: Dardani