Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Teten Ungkap Dana PEN Buat UMKM Baru Terserap 45 Persen hingga Akhir Agustus
Oleh : Redaksi
Minggu | 30-08-2020 | 15:33 WIB
teten_masduki_b.jpg Honda-Batam
Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengatakan bahwa dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dialokasikan ke sektor koperasi dan UMKM baru tersalurkan 45,76% hingga akhir Agustus.

Teten menilai serapan ini masih rendah, pihaknya akan melakukan percepatan untuk melakukan penyerapan anggaran ini. Dia menyebut anggaran dalam PEN ini akan diberikan ke pelaku UMKM yang sudah terhubung dengan perbankan.

"Pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp 123,46 triliun untuk program pemulihan ekonomi nasional khusus untuk sektor UMKM, yang sudah terhubung ke lembaga pembiayaan. Sampai tanggal 27 Agustus ini, penyerapan saya kira sudah 45,76%," ujar Teten, dalam peluncuran program Karya Kreatif Indonesia Bank Indonesia, Minggu (30/8/2020).

"Ini masih rendah dan karena itu perlu ada percepatan lebih tinggi lagi," ujarnya.

Dari dana tersebut, pemerintah memberikan sederet bantuan keuangan untuk UMKM. Mulai dari relaksasi kredit hingga penjaminan pinjaman.

Sementara itu, bagi UMKM yang belum terhubung dengan perbankan, pemerintah sudah memberikan Bantuan Presiden Produktif senilai Rp 2,4 juta. Tahap pertama, bantuan ini akan diberikan ke 9,1 juta UMKM, yang akan selesai pembagiannya pada bulan September.

"Tahap pertama ada 9,1 juta sudah akan selesai pada bulan September. Per hari ini sudah 50% yang sudah tersalurkan," jelas Teten.

"Kita akan mempercepat penyaluran dan diharapkan para UMKM bisa segera kembali berusaha setelah kemarin banyak modal mereka terus digunakan untuk keperluan konsumsi keluarga," lanjutnya.

Sumber: detikcom

Editor: Surya