Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Ini, BI Buka Lagi Pendaftaran Penukaran Uang Rp 75 Ribu
Oleh : Redaksi
Kamis | 27-08-2020 | 09:24 WIB
uang_75_ribu1.jpg Honda-Batam
Pecahan uang Rp 75 ribu.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) resmi membuka pendaftaran gelombang dua penukaran uang peringatan kemerdekaan (UPK) Rp 75 ribu untuk individu pada hari ini, Kamis (27/8/2020).

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan kuota penukaran yang pada gelombang pertama hanya 300 bilyet per hari akan dilipatgandakan menjadi 600 lembar. Kebijakan dilakukan demi mempercepat penyebaran UPK di masyarakat.

"Kemarin Dewan Gubernur BI sudah putuskan bahwa akan mempercepat dan memperluas pengedaran UPK lewat penukaran, oleh karena itu kami akan menambah kuota untuk penukaran setiap harinya dengan tetap menjaga protokol kesehatan," ungkap Marlison lewat video conference, Rabu (26/8/2020).

Ia menambahkan dengan peningkatan tersebut, untuk kantor cabang di daerah, kuota dinaikkan dari 150 lembar UPK sehari menjadi 300 bilyet.

"Mulai besok sudah mulai buka lagi untuk individu jadi besok kuota tambah dua kali lipat, jadi mudah-mudahan besok buka aplikasi PINTAR untuk individu sudah bisa melakukan pemesanan kembali," tambahnya.

Tak hanya untuk individu, penukaran kolektif juga telah dibuka demi mengakomodasi animo penukaran yang tinggi. Pendaftaran telah dibuka sejak 25 Agustus 2020.

Penukaran secara kolektif diwajibkan minimal 17 orang per pendaftaran. Untuk kolektif tidak ada kuota maksimal yang ditetapkan. "Kalau kolektif minimal 17, tidak ada maksimal. Sebanyak-banyaknya sesuai dengan kebutuhan pemesan," terangnya.

Per Selasa, (25/8/2020) malam, BI telah mengeluarkan 50 ribu bilyet UPK dari total yang disediakan 75 juta lembar. Angka ini masih kecil, sehingga diharapkan masyarakat tak memburu UPK di e-commerce dengan harga selangit karena takut kehabisan.

Untuk pemesanan daring langsung di BI pun cukup mudah, peminat dapat mengunjungi situs web BI atau mengunduh aplikasi PINTAR untuk pengguna Android atau iOS.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha