Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KRI Mubara Amankan 2 Kapal Cina Terkait Pembunuhan ABK WNI
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Rabu | 08-07-2020 | 15:22 WIB
lanal-batam2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Markas Lanal Batam. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - KRI Mubara dikabarkan telah mengamankan dua kapal ikan asing berbendera China yang diduga melakukan pembunuhan satu orang ABK warga negara Indonesia (WNI).

Dari informasi yang berhasil didapatkan BATAMTODAY.COM, dua kapal berbendera China ini adalah kapal ikan Vesel Lu Huang Yuan Yu 118 dan Lu Huang Yuan Yu 117.

Kabarnya, kapal tersebut berhasil diamankan di Traffic Separation Scheme (TSS) perbatasan Indonesia, Malaysia Pulau Rupat sekitar pukul 12.30 WIB, Rabu (8/7/2020), oleh KRI Mubara.

Ketika berhasil diamankan, KRI Mubara langsung melakukan evakuasi jenazah WNI Indonesia asal Lampung yang diduga dibunuh di atas kapal tersebut.

KRI Mubara pun diketahui langsung menggiring dua kapal asal China ini ke dermaga Mako Lanal Batam. Namun hingga pukul 15.05 WIB, dua kapal tersebut belum bersamdar di dermaga Mako Lanal Batam.

Pantauan di Mako Lanal Batam, berbagai persiapan sudah mulai dilakukan menunggu kedatangan dua kapal ikan China itu. Terlihat juga Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman telah tiba di Mako Lanal Batam.

Hingga berita ini diterbitkan, belum diperoleh konfirmasi resmi apa motif yang menyebabkan 1 WNI ini dibunuh. BATAMTODAY.COM sedang berusaha menghubungi pejabat berwenang di Lanal Batam.

Editor: Dardani