Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polda Kepri Awasi Pemerintah Daerah Bagikan Sembako untuk Masyarakat
Oleh : Hadli
Senin | 27-04-2020 | 15:12 WIB
sembako-batam1.jpg Honda-Batam
Anggota Ditreskrimsus Polda Kepri saat melakukan pengawasan pendistribusian sembako di Batam. (Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polisi mengawasi penyerahan bantuan sembako yang dilakukan pemerintah daerah kepada masyarakat yang membutuhkan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadi penyelewengan.

Pengawasan dilakukan langsung Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kepri pada saat dilakukan proses pendistribusian di lapangan.

"Iya, memang anggota turun ke lapangan untuk memantau langsung penyaluran sembako ke masyarakat," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kepri, Kombes Hanny Hidayat, Senin (27/04/2020).

Hanny mengatakan, sejak Sabtu (25/04/2020), anggotanya sudah langsung terjun ke lapangan melakukan pemantauan proses pendistribusian, seperti di Kelurahan Belian dan Bengkong Sadai.

Ia menambahkan, pemantauan ini dilakukan supaya penyaluran benar-benar tepat sasaran. Untuk itu, ia meminta dalam prosesnya tidak terjadi penyalahgunaan.

"Saya pastikan akan memberikan tindakan tegas, bagi yang melakukan penyimpangan terkait bantuan sosial dari pemerintah," ungkapnya.

Hanny mengaku pengawasan ini akan terus dilakukan. Karena selama pandemi ini, ada beberapa bantuan dikucurkan pemerintah untuk masyarakat.

Untuk itu, bila terjadi penyelewengan, Hanny mengaku sudah menyiapkan langkah sanksi dengan pasal berlapis kepada orang yang menyalahi penyerahan sembako di masa pandemi ini.

Ia juga mengimbau agar penyaluran tersebut benar-benar diterima orang yang berhak. Sehingga, bantuan dapat meringankan beban masyarakat kecil yang terdampak wabah Covid-19.

"Sekali lagi saya katakan, kami di lapangan terus mengawasi penyaluran bansos ini," tutupnya.

Editor: Chandra