Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lomba OSN, FLS2N dan O2SN Tanjungpinang Dibuka
Oleh : Charles/Dodo
Sabtu | 14-04-2012 | 15:22 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, menggelar seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) serta  Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat TK, SD/MI, SMP/MTs dan SMA se-Kota Tanjungpinang. 

Acara tersebut dibuka oleh Wali Kota Tanjungpinang Suryatati A. Manan dan dihadiri seluruh kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang di Lapangan Pamedan Tanjungpinang, Sabtu (14/4/201). 

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kota Tanjungpinang, Syafrial Evi mengatakan event ini merupakan program nasional yang digelar setiap tahun dalam upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia Indonesia agar mampu bersaing dalam era keterbukaan saat ini. 

"Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan secara bertingkat, mulai dari tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, nasional serta internasional," kata Syafrial Evi. 

Kegiatan ini juga, merupakan sarana, dalam meningkatkan mutu pendidikan serta ajang mencari bibit-bibit siswa berprestasi dalam bidang sains, seni dan olahraga. 

Adapun peserta, untuk OSN sendiri, ada 4 mata pelajaran yang diperlombakan, yaitu Matematika, Biologi, Fisika, dan IPS. Sementara itu FLS2N terdiri 10 lomba, diantaranya lomba vokal grup, festival seni tari, lomba seni membaca Al Qur’an, lomba cipta cerpen berbahasa Indonesia, lomba kreativitas cerita berbahasa Inggris, lomba menyanyi tunggal, lomba seni lukis, lomba cipta puisi, lomba cipta lagu, serta lomba desain motif batik. 

Sedangkan O2SN mempertandingkan 7 cabang olahraga, yaitu atletik, renang, bola volly, bulu tangkis, karate, pencak silat dan catur. 

Suryatati A Manan, dalam sambutannya mengatakan pendidikan Indonesia telah diarahkan untuk membentuk manusia seutuhnya. 

“Begitu pula dengan kebudayaan dan kesenian yang merupakan pendorong pertumbuhan disegala bidang kehidupan," kata dia. 

Suryatati juga menegaskan pendidikan sebagai salah satu unsur kebudayaan, memiliki peran yang strategis dalam kesinambungan perkembangan pendidikan bangsa. 

Dalam kesempatan itu, wali kota juga menyerahkan sejumlah bantuan berupa peralatan olahraga untuk beberapa SMP dan SMA/SMK di Kota Tanjungpinang, serta penyerahan sertifikat akreditasi peringkat A untuk beberapa sekolah TK, SD,SMP serta SMA dan SMK. 

Selain itu, SMK N 1 juga menerima Piagam Penghargaan ISO 9001.2008 dari Lembaga TUV Reinland Jerman dan SMA N 1 menerima Piagam Penghargaan ISO 9001.2.2008 Management Mutu. Dengan diterimanya penghargaan ISO tersebut menunjukkan bahwa kedua sekolah tersebut berhak menyandang status sebagai sekolah yang berstandar internasional.