Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menpora Zainuddin Amali Buka Porwil X Sumatera di Bengkulu
Oleh : Freddy
Minggu | 03-11-2019 | 10:04 WIB
007_porwil_sumatera.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pembukaan Porwil X Suumatera di Bengkulu (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Bengkulu - Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Sumatera di Bengkulu secara resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali, Sabtu (2/11/2019) di Stadion Semarak Bengkulu.

Alat musik khas Provinsi Bengkulu berbentuk gendang yang ditabuh Menpora dan Gubenur Provinsi Bengkulu,Rohidin Mersyah mengawali dimulainya pelaksanaan Porwil ke X tahun 2019 yang mempertandingkan 11 cabang olahraga, yakni Atletik, Kempo, Muaythai, Bola Voli, Bola Kaki, Renang, Catur, Tinju, Bulutangkis dan Biliar.

Dalam sambutannya, Menpora, Zainuddin Amali mengatakan, sejak menjadi Menpora, ia mengaku pertama kali datang ke Sumatera untuk membuka Porwil X Sumatera yang dilaksanakan di Provinsi Bengkulu.

Menurutnya, peningkatan prestasi olahraga merupakan salah satu fokus dari Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden, Ma'ruf Amin. Bahkan berdasarkan Perpres, peningkatan olahraga harus dimulai dari daerah

Ia mengungkapkan, Bengkulu tidak hanya menyelenggarakan Porwil Se Sumatera tetapi jika berminat menjadi tuan rumah PON harus mempersiapkan harus mempersiapkan diri dari sekarang. Dan masyarakat Bengkulu harus memberikan dukungan kepada gubernurnya.

Dijelaskannya, penyelenggaraan Porwil ini berbeda dengan penyelenggaraan PON. Dimana Porwil Sumatera hanya mempertandingkan 11 cabang olahraga dan diikuti 10.provisi yang ada di Sumatera, sementara PON akan diikuti 34 provinsi se Indonesia.dengan jumlah cabang olahraga yang lebih banyak lagi.

Ditegaskannya untuk menjadi tuan rumah PON tentunya harus mempersiapkan pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana olahraga yang memadai.

Menpora juga memberikan apresiasi atas persiapan yang dilakukan provinsi Bengkulu sebagai tuan rumah Porwi X se Sumatera dan acara pembukaan Porwil ke X Sumatera dapat dikatakan berjalan lancar dan tertib.

"Mudah-mudahan di ajang Porwil X Sumatera menghasilkan prestasi bagi atlet menuju PON 2020 di Papua.

Diingatkan Zainuddin Amali, Olahraga merupakan sarana untuk. mengembangkan diri sebagai pemersatu bangsa.

Selain itu, Menpora juga memberikan apresiasi kepada KONI yamg telah memberikan kepercayaan kepada Bengkulu sebagai tuan rumah Porwil ke X se Sumatera.

Pada kesempatan yang sama, Gubenur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan selamat datang dan selamat bertanding kepade seluruh kontingen baik atlet maupun official dari seluruh provinsi se Sumatera di bumi Rafflesia ini.

Ia mengatakan, seluruh atlet maupun juri dapat bertanding dan memimpin pertandingan secara sportif.

"Saya ingin para atlet yang bertanding pada 11 cabang olahraga untuk merebut medali secara sportif, kita semuanya Juara dan tidak hanya prestasi yang didapat namun bisa memberikan dampak rasa persahabatan, persaudaraan yang ada serta jangan cepat berpuas diri pada capaian yang telah dicapai, Salam olahraga," kata Rohidin.

Pembukaan Porwil X Sumatera di Bengkulu ini dapat dikatakan spektakuler dan meriah dengan penampilan 500 pemusik dol dan 250 penari kolosal.

Kemeriahan acara pembukaan Porwil X Sumatera lebih terasa lagi dengan penampilan artis dari ibukota Virzha dan Citra Scholastika dan pertunjukan pesta kembang api

Editor: Surya