Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Baru Dibayarkan Sebesar 80 Persen

PT Nutune Berhutang 8 Persen Pesangon Karyawan
Oleh : Gokli/Dodo
Selasa | 10-04-2012 | 11:58 WIB
01Nutune.gif Honda-Batam

Suasana PT Nutune hari ini yang terlihat lengang.

BATAM, batamtoday - Ratusan karyawan PT Nutune Batam akhirnya menerima pesangon setelah satu bulan menunggu ketidakpastian dari pihak manajemen. Namun pesangon yang diterima semua karyawan ini masih kurung 8 persen dari total keseluruhan, yang artinya PT Nutune Batam masih menyisakan hutang pesangon kepada semua karyawan. 

Salah seorang buruh, Narto menyebutkan, kemarin pihak menajemen sudah mencairkan uang pesangon karyawan dari total Rp18 miliar yang sudah ditransfer oleh pihak menajemen yang ada di Singapura. Pesangon ditransfer langsung ke rekening masing-masing karyawan, namun uang tersebut tak sesuai dengan kesepakatan. 

"Total pesangon yang kami terima tak sesuai kesepakatan yang kami terima hanya 92 persen. Pihak manajemen masih berhutang 8 persen sama kami," papar Narto, Selasa (10/4/2012). 

Dijelaskannya, paket 1N+2 bulan gaji digabung secara menyeluruh oleh pihak manajemen. Kemudian total keseluruhan uang yang akan diterima karyawan dipotong sebesar 8 persen. Sehingga, uang yang diterima karyawan hanya sebesar 92 persen dari total seluruh pesangon mereka. 

Kekurangan pesangon ini, masih tetap akan mereka tuntut sampai pihak manajemen membayar secara penuh semua pesangon.