Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembentukan Kementerian Investasi Dibutuhkan untuk Geber Pertumbuhan Ekonomi
Oleh : Hendra Mahyudi
Jum\'at | 23-08-2019 | 19:16 WIB
arief_puyuono72.jpg Honda-Batam
Waketum Partai Gerindra Arief Puyuono. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pembentukan Kementerian Investasi sangat dibutuhkan saat ini di pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin, agar bisa menggeber percepatan pertumbuhan investasi di Indonesia.

"Ini akan berdampak pada peningkatkan pertumbuhan ekonomi yang akan lebih banyak membuka lapangan kerja baru. Kementirian investasi sangat diperlukan untuk pemerintahan ke depan," ujar Arief Poyuono, Waketum DPP Gerindra, kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (23/8/2019).

Hal ini dinilai penting untuk menjadikan sektor investasi langsung di bawah presiden, agar bisa mempercepat tumbuhnya investasi. BKPM sebagai Lembaga Pemerintaha Non Kementerian nantinya menjadi penunjang kementrian investasi. BKPM merupakan lembaga negara yang dibentuk guna menjalankan tugas pemerintahan tertentu dari presiden.

"Kepala BKPM berada di bawah serta bertanggung jawab secara langsung kepada presiden melalui menteri investasi yang mengoordinasikannya," ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya Kementrian Investasi akan banyak memotong kesulitan investasi yang dialami oleh investor selama ini. Di mana BKPM yang sifatnya lembaga negara di Indonesia dibentuk untuk melaksanakan tugas pemerintahan di bidang investasi. Padahal investasi itu bersifat strategis, nasional, lintas instansi /kementerian, lintas sektor dan lintas wilayah yang selama ini masih banyak menemui hambatan.

"Masak bidang investasi atau penanaman modal tidak ada kementeriannya, makanya investasi di Indonesia banyak hambatan," pungkasnya.

Editor: Yudha