PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TPAKD Kepri Sosialisasikan Perluasan Akses Keuangan di Karimun
Oleh : Redaksi
Selasa | 20-08-2019 | 11:04 WIB
sos-TPAKD-karimun.jpg honda-batam
Sosialisasi tentang Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Kabupaten Karimun. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Biro Administrasi Perekonomian, Setda Provinsi Kepulauan Riau mengumpulkan asosiasi pengusaha, akademisi dan lembaga keuangan baik perbankan dan non bank serta OPD di lingkungan Pemkab Karimun, Kamis (14/8/2019). Mereka diberikan sosialisasi tentang Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

"Pemerintah Kabupaten Karimun sangat mendukung dengan di bentuknya TPAKD di Kabupaten Karimun. Diharapkan TPAKD di Kabupaten Karimun akan membuka akses keuangan yang lebih luas lagi bagi masyarakat Karimun," ujar Asisten II Pemkab Karimun, Sensissiana, seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Apalagi geografis Kabupaten Karimun adalah pulau-pulau, sehingga diperlukan terobosan-terobosan khusus, dalam meningkatkan akses keuangan masyarakat. Meskipun saat ini lembaga keuangan juga sudah memiliki unit unit kecil di pulau-pulau.

Diharapkan kegiatan ini dapat pula memperluas akses keuangan bagi pelaku usaha dan masyarakat Kepulauan Riau, khususnya di Kabupaten Karimun. Juga mendukung program Nasional Keuangan Inklusif 75 % pada akhir 2019.

"Salah satu program TPAKD adalah one island one microfinansial product. Dengan implikasinya adalah agen LAKUPANDAI. Di samping itu, TPAKD juga menggesa program Simpanan Pelajar (SimPel) yang notabene menjadi program Nasional Presiden Jokowi," sebut Ketua OJK Kepri, M Ridwan yang juga Wakil Pengarah TPAKD Provinsi Kepulauan.

Editor: Gokli