PKP

Perizinan Masih Terkendala, Penerbangan Perdana Batam-Beijing Kembali Ditunda
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 14-08-2019 | 08:54 WIB
ilustrasi-garuda.jpg honda-batam
Ilustrasi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Penerbangan perdana maskapai Garuda Indonesia dengan rute Batam-Beijing, kembali mengalami penundaan dikarenakan adanya perizinan yang masih mengalami kendala.

Sebelumnya, penerbangan perdana Internasional guna mendukung sektor pariwisata di Batam ini, direncanakan akan dimulai pada Kamis (1/8/2019). Namun hingga saat ini, wacana tersebut tampaknya masih belum dapat direalisasikan.

Walau tidak menjelaskan secara detail, namun hal tersebut dibenarkan Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim Batam, Suwarso. Pihaknya mengaku sudah mendapat surat penundaan dari maskapai, dan penerbangan ditunda hingga September 2019.

"Ada beberapa izin di Beijing yang belum kelar. Jadi harus dijadwalkan ulang," ungkapnya, Rabu (14/8/2019).

Menurutnya, salah satu kendala perizinan dari jenis pesawat yang akan digunakan. Untuk rute Jakarta-Beijing, biasanya menggunakan pesawat jenis Airbus 320. Sementara untuk Batam diusulkan menggunakan jenis pesawar Boeing 737.

Suwarso melanjutkan, rencana untuk penerbangan ke Beijing lewat Batam, akan berjalan 2 kali dalam seminggu. Selasa dan Kamis. Pulang pergi. Dibukanya penerbangan ini, untuk menarik pangsa pasar dari Cina ke Batam.

"Ini yang belum dapat izin dari Beijing. Makanya untuk rute Batam sementara ditunda," ujarnya.

Sebelumnya, hal senada juga disampaikan oleh Duta Besar RI untuk RRT dan Mongolia, Djauhari Oratmangun dalam kunjungan kerjanya ke Batam, Selasa (7/8/2019) lalu. Penundaan penerbangan perdana ini akan mengalami penundaan hingga tanggal 15 Agustus.

"Mereka beli tiket itu Jakarta-Batam, Batam-Beijing. Saya kira di tanggal itu sudah berlaku (penerbangan Batam-Beijing)," paparnya.

Saat ini pihaknya masih menunggu informasi resmi dari Garuda.

Editor: Chandra