Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Promosikan UMKM Kuliner Batam Melalui Go Food Festival Nagoya Citywalk
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 29-04-2019 | 15:42 WIB
go-food-batam1.jpg Honda-Batam
Go Food Festival Nagoya Citywalk. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Go Food, layanan online food delivery nomar satu di Indonesia dan Asia Tenggara telah suskses meningkatkan skala bisnis 300.000 mitra merchant. Dimana 96 persen diantaranya merupakan pelaku UMKM kuliner.

Bahkan, jumlah order Go Food dalam 2 tahun terakhir meningkat hingga 7 kali lipat. Untuk terus mendorong peningkatan skala bisnis merchant, berbagai inisiatif telah dikembangkan, salah satunya adalah membuka Go Food festival pusat jajanan kuliner serba nikmat dalam satu tempat di Nagoya Citywalk.

"Peningkatan bisnis mitra marchant menjadi prioritas Go Food. Oleh karena itu, kami terus melakukan inovasi dengan berfokus pada kebutuhan merchant untuk mempromosikan produk kuliner andalannya kepada lebih banyak pelanggan. Seiring dengan bisnis yang terus meningkat, kami percaya daya saing juga meningkat. Sehingaa.visi utama GOJEK dalam menciptakan dampak sosial dapat tersebar lebih
luas lagi," ujar Rosel Lavina, VP Vorporate Affairs, Food & Pay Gojek.

Go Food fastival pusat jajanan kuliner serba nikmat dalam satu tempat di Nagoya Citywalk akan berlangsung selama 1 tahun kedepan. Dan kota Batam menandai titik lokasi ke-33 di seluruh Indonesia.

"Kami bangga mitra merchant Go Food turut memberikan kontribusi nyata kepada perekonomian. Berdasarkan hasil riset LDUI kami semakin percaya bahwa teknologi ini menjawab kebutuhan mitra dari hulu ke hilir sehingga, kami terus menjadi pilihan utama bagi mitra merchant untuk dapat meningkatkan skala bisnis kuliner mereka," ujarnya.

"Dari pertumbuhan transaksi online Inilah, kami terinspirasi untuk memberikan kesempatan pada mereka untuk memperluas lagi jangkauan bisnis secara offline lewat kegiatan ini," ujar Rosel.

Dengan dibukanya GO-FOOD fastival di Nagoya Citywalk Gojek yakin tidak hanya dapat terus memimpin pasar di Indonesia, tapi juga memperkuat posisinya di Asia Tenggara.

Sejak pertama kali diluncurkan pada Januari 2018, GO-FOOD Festival kini telah menjadi jaringan pujasera (pusat jajanan serba ada terbesar di Indonesia dan kini telah dibuka di 33 lokasi di berbagai kota di lndonesia, serta telah manggandeng hampir 1.000 mitra merchant untuk meningkatkan skala
bisnisnya secara offline.

Data pertumbuhan mitra marchant di Kota Batam menunjukkan pertumbuhan yang positf. Hingga saat ini, tercatat lebih dari 7.000 merchant di Batam telah menjalin kemitraan bersama GO-FOOD. Mengenai kenaikan omzet bisnis sendiri, data intemal GO-FOOD menunjukkan bahwa mitra UMKM rata-rata mengalami peningkatan omzet 3.5 kali lipat sejak mereka bergabung ke dalam ekosistem GO-FOOD, Inilah yang mendasari terus meluasnya titik lokasi GO-FOOD Festival, termasuk di Kota Batam.

"Kami melihat tantangan yang selama ini dihadapi pelaku usaha kuliner yang bergabung dalam usaha kuliner kami salah satunya terkait kepercayaan diri mereka untuk mulai mengembangkan usaha. Terlebih lagi mempertimbangkan sumber daya manusia, pengetahuan bisnis, hingga lokasi untuk memperluas bisnis kulinernya. Namun kini, melalui GO-FOOD Festival, mitra merchant yang memulai bisnis kuliner dari usaha kecil bahkan rumahan tidak lagi bingung untuk membuka cabang yang memerlukan biaya operasional yang relatif besar karena seluruh fasilitas yang mereka butuhkan telah disediakan oleh pihak penyelenggara. Jadi, pendapatan yang mereka hasilkan bisa difokuskan untuk berinovasi meningkatkan kulitas produksi kuliner," ujar Cassandra Aprilanda, VP Sales & Marketing GO-FOOD Festival.

Editor: Yudha