Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tabur Bibit Kakap di Bintan, Nurdin Ajak Nelayan Jaga Kualitas Tambak
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 27-04-2019 | 08:52 WIB
tabur-bibit-kakap.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun dalam kegiatan penebaran bibit kakap putih di Bintan, Jumat (26/4/2019). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun meminta kepada nelayan pengelola tambak ikan kakap putih di Bintan yang mendapatkan benih ikan kakap putih, agar dapat menjaga kualitas bibit-bibit dalam budidaya ikan, sehingga dapat berkembang dengan baik dan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

"Penebaran bibit ikan ini nantinya akan membuat masyarakat menjaga lingkungan, karena ada yang dihasilkan dari sini sehingga dapat dimanfaatkan dan berfungsi untuk pengembangan ekonomi," kata Nurdin, saat menebar benih ikan kakap putih sebanyak 5.000 ekor dengan keramba 15 unit bertempat di SMK Perikanan dan Kelautan, Busung, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, Jumat (26/4/2019).

Nurdin juga menyampaikan, pemerintah melalui Dinas Perikanan dan Kelautan sebagai teknis akan terus memberikan pembinaan dan bimbingan kepada kelompok dan pelaku budidaya ikan kakap putih.

"Nanti akan saya tugaskan Kepala Dinas perikanan ini, harus banyak inovasi dan berkolaborasi kalau sebelumnya konsentrasi perikanan tangkap sekarang lebih konsentrasi ke perikanan budidaya, harus dipikirkan bagaimana upaya pengembangan dan pemasaran ikan ini nantinya," lanjut Nurdin.

Tebar benih ikan kakap putih adalah hasil dari pengembangbiakan Balai Benih Ikan Gondor Bali. Di mana nantinya Kepri 65 persen perekonomiannya hasil perikanan dan bentuk usaha unggulan Indonesia ialah koperasi yang mana dunia luar Denmark dan Norwegia sudah melaksanakan.

Kegiatan sendiri merupakan kolaborasi antara Dinas Prikanan dan Kelautan, SMK Perikanan dan Kelautan, Universitas Padjajaran, Universitas Dipenegoro, Bank Nasional Indonesia, PT Stargold, Pengelola Koperasi. Meskipun diakui memang budidaya ikan masih belum familiar dilakukan oleh masyarakat Kepri, mengingat daerah ini merupakan kepulauan yang sebagian besar di kelilingi lautan 96 persen, namun menurut Nurdin dengan kerja keras dan usaha yang serius dipastikan budidaya ikan akan dapat terealisasi.

Nurdin berharap dari benih ikan yang ditebar, beberapa bulan kemudian dapat dimanfaatkan masyarakat. Selain untuk memenuhi kebutuhan gizi, juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Karena itu mari sama-sama kita jaga dan tingkatkan," tambah Nurdin.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Edy Sopian menegaskan, dari penebaran bibit ikan tersebut diharapkan dapat terus berjalan berkesinambungan serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, serta menjaga lingkungan agar terus terawat dengan baik.

"Sehingga dengan telah melakukan pembenahan sistem ekosistem ikan kakap putih akan berdampak pada peningkatkan perekonomian rumah tangga ke depannya dan membuat masyarakat lebih sejahtera seperti yang diharapkan oleh Pak Gubernur," kata Edy.

Editor: Gokli