Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Natuna Sambut Baik Program Kemenperin Dorong Pertumbuhan Wirausaha di Daerah Terluar
Oleh : Kalit
Sabtu | 27-04-2019 | 08:28 WIB
pelatihan-bengkel-natuna.jpg Honda-Batam
Pemeberian bantuan alat perbengkelan secara simbolis kepada peserta latihan Bimtek yang digelar Kemenperin di Natuna, Selasa (23/4/2019). (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Ditjen IKMA) terus mendorong pengembangan daerah terluar dan perbatasan melalui program Penumbuhan Wirausaha Baru.

Hal ini sebagai langkah nyata pemerintah dalam mengembangkan ekonomi dari daerah terluar dan perbatasan serta menunjukkan keberpihakan pemerintah untuk pemerataan ekonomi.

Untuk itu, Ditjen IKMA menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis dan Fasilitasi Mesin/Peralatan Perbengkelan Roda Dua yang diadakan di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. "Terdapat 111 pulau yang termasuk dalam pulau-pulau kecil terluar di mana beberapa di antaranya masuk dalam wilayah Kabupaten Natuna," kata Kepala Subdirektorat Program Pengembangan IKM Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut (IKM LMEA), Ciska Farida Ariany di Natuna, Kepri, Selasa (23/4/2019) lalu.

Ciska menjelaskan, berdasarkan Undang Undang nomor 3 tahun 2014 tentang Perindustrian, pembangunan wirausaha industri dilakukan untuk menghasilkan wirausaha yang berkarakter dan bermental kewirausahaan serta mempunyai kompetensi sesuai dengan bidang usahanya yang meliputi kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kreativitas dan inovasi.

"Penumbuhan Wirausaha Baru ini merupakan salah satu fokus program Direktorat Jenderal Industri, Kecil Menengah dan Aneka," ujar Ciska.

Indonesia memiliki jumlah penduduk saat ini berkisar 250 juta jiwa yang merupakan potensi sumber daya manusia yang sangat besar. Indonesia pun diprediksi mendapatkan bonus demografi pada tahun 2020-2030 di mana jumlah angkatan kerja dengan usia 15-64 tahun mencapai 70 persen.

Dari jumlah angkatan kerja yang besar ini tentu diharapkan muncul wirausaha-wirausaha baru yang dapat memunculkan lapangan kerja baru dan menyerap tenaga kerja.

Bentuk pembinaan yang dilakukan saat ini berupa bimbingan teknis dan fasilitasi mesin/peralatan Perbengkelan Roda Dua. "Peserta bimbingan teknis sebanyak 20 orang diharapkan pada akhirnya akan menjadi wirausaha yang mandiri sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan perekonomian di daerah. Para peserta akan dilatih selama 5 hari mulai tanggal 23 hingga 27 April terkait skill perbengkelan roda dua serta kewirausahaan," lanjut Ciska.

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan usaha Mikro sangat menyambut baik pelaksanaan program penumbuhan wirausaha baru.

"Dengan adanya pelatihan ini, anak muda yang punya bakat perbengkelan khususnya roda dua dapat dibantu, bahkan mendapat bantuan peralatan bengkel," ucap Kabid Disprindag Natuna, Ahmad Lianda.

Peserta bimbingan teknis diharapkan untuk membentuk 2 kelompok usaha bersama (KUB) di mana selanjutnya akan diberikan fasilitasi mesin/peralatan. Adapun bantuan mesin yang diberikan berupa Kompressor, Scanner Injection, Charger accu, Mesin Nitrogen, Bike Lift, Mesin pembuka ban, dan Tool set masing-masing sebanyak 2 unit.

Editor: Gokli