PKP

Buka Pelatihan Kewirausahaan, Rahma: Anda Harus Jadi Pengusaha
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 16-04-2019 | 09:04 WIB
kue-tpi.jpg honda-batam
Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma usai membuka pelatihan kewirausahaan di Aula Dinsos, Senin (15/4/2019). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi tenaga kerja pemula dan pembuatan kue tradisional yang ditaja Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro di Aula Dinas Sosial, Senin (15/4/2019).

Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, dalam sambutannya memaparkan, mulai dari tahun 2018 hingga April 2019 jumlah pencari kerja mencapai 1.536 orang. Sebagian besar pencari kerja tersebut belum memiliki keahlian.

"Oleh karena itu Pemerintah Kota Tanjungpinang terus memberikan berbagai pelatihan mulai dari menjahit, membuat kue tradisonal, membuat prakarya lainnya untuk mengurangi angka tersebut," ungkap Rahma, mengutip siaran pers Humas Pemko Tanjungpinang.

Oleh karena itu, Rahma juga meminta kepada seluruh peserta yang mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, jangan menjadikan kegiatan ini hanya menjadi serimonial belaka, sehingga setelah selesai mengikuti kegiatan ini para peserta dapat melanjutkan berusaha di luar sana.

Selain itu, Rahma juga mengharapkan kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro, Marzul Hendri dan para Lurah agar dapat memantau dan mengevaluasi para peserta yang telah mengikuti pelatihan secara maksimal dan mendapat sertifikat.

"Karena ke depannya kita berharap peserta yang mengikuti pelatihan hari ini tidak lagi mengikuti pelatihan yang sama, setiap yang kita latih ini sesuai dengan bakat dan talenta dari para peserta ini, karena sesorang yang hobinya menjahit di suruh membuat kue tentu butuh waktu yang lama untuk merubahnya, artinya kegiatan ini harus benar-benar sesuai sasaran," lanjut Rahma.

Marzul Hendri, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Kota Tanjungpinang menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksaan kegiatan ini untuk dapat memberikan dan meningkatkan kualitas tenaga kerja pemula baik laki-laki dan wanita, selanjuatnya untuk dapat menguruangi angka pengangguran yang ada di Tanjungpinang.

"Kegiatan yang di ikuti oleh 40 peserta ini dengan sasaran para pemuda dan pemudi di Kota Tanjungpinang yang belum memiliki pekerjaaan," kata Marzul.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Disnaker Kota Tanjungpinang, Camat se-Kota Tanjungpinang, Lurah serta beberapa perwakilan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Editor: Gokli