Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Selangor Diprediksi Krisis Air Tahun 2013
Oleh : Redaksi/Mg
Sabtu | 14-01-2012 | 12:14 WIB
S-Piarapakaran.jpg Honda-Batam

 

Presiden AWER, Piarapakaran

 

SELANGOR, batamtoday - Permintaan sambungan air bersih di Selangor dalam setahun terakhir mengalami peningkatan yang luar biasa. Hal ini membuat pemerintah Malaysia memprediksi bakal terjadi krisis air di kawasan tersebut pada 2013 mendatang.

 

Peringatan tersebut dikeluarkan oleh Persatuan Penyelidikan Air dan Energi Malaysia (AWER).

Dari kajian AWER, jika permintaan tahunan meningkat hingga 2,5 persen maka krisis akan terjadi pada 2016, namun jika permintaan meningkat lebih besar dari itu, maka bukan tidak mungkin krisis datang lebih awal, yakni tahun 2013. 

“Bagaimanapun, jika permintaan tahunan meningkat lebih daripada nilai ini, krisis air akan terjadi lebih awal,” kata Presiden AWER, Piarapakaran seperti dikutip batamtoday dari media Malaysia, Sabtu(14/1/2012). 

Menyikapi kondisi tersebut, AWER mendesak pemerintah segera mengambil langkah strategis. Membangun waduk baru adalah solusi ideal yang dapat diambil saat ini, mengingat permintaan air baku terus meningkat seiring pertumbuhan penduduk negara bagian Selangor. 

"Syarikat Bekalan Air Selangor (SYABAS) kami dengar sudah melakukan lobi ke pemerintah untuk segera merealisasikan proyek pembangunan Waduk tersebut," tuntasnya.