Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KML Pembina Pramuka Ditutup dengan Tradisi Api Unggun di Tepi Laut Kampung Baru
Oleh : Nurjali
Kamis | 21-12-2017 | 11:16 WIB
pembina-pramuka-lingga.jpg Honda-Batam
Peserta KLM Pembina Pramuka Lingga. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat lanjutan (KML) se-Kabupaten Lingga ditutup dengan upacara tradisi api unggun di tepi Pantai Kampung Baru, Desa Batu Berdaun.

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Cabang (Pusdiklatcab) Pramuka Lingga, Ferry Eka Putra yang mewakili Ketua Kwartir Cabang Lingga mengapresiasi antusias peserta yang bertahan dari awal hingga akhir untuk mengikuti kegiatan kursus, meski harus mengorbankan keluarga dan liburan panjang akhir tahun ini.

"Selama berhari-hari mengikuti kegiatan ada yang sakit, tetapi besoknya semangat lagi, ini luar biasa peserta sangat kami apresiasi," kata Ferry Eka Putra, Kamis (21/12/2017).

Ia juga mengapresiasi Pusdiklat Provinsi Kepri yang sangat mendukung kegiatan di Kwarcab Lingga, bahkan sampai mengirimkan sedikitnya empat orang yang dipimpin langsung oleh Kepala Pusdiklatda. "Dukungan dari teman-teman di Kwarda sangat luar biasa, peserta pun ikut puas dengan adanya pengetahuan dari para pelatih dari provinsi," jelasnya.

Selain itu, di tengah api unggun yang berkobar ditiup angin pantai, Ferry juga berpesan agar hasil dari kegiatan ini dapat bermanfaat bagi pembinaan di tingkat gugus depan maupun Satuan Karya (SAKA).

Subur atau tidaknya gerakan Pramuka, serta bermanfaat dan tidaknya gerakan Pramuka di Kabupaten Lingga dalam membangun karakter putera-puteri Lingga akan sangat dipengaruhi oleh tangan-tangan dari para pembina Pramuka.

Kegiatan KML yang dilaksanakan tiga golongan sekaligus untuk Mahir Siaga, Mahir Penggalang dan Mahir Penegak atau Pandega ini sebelumnya dibuka oleh Ketua Kwartir Cabang Lingga, Junaidi Adjam yang juga Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Lingga.

Editor: Gokli