Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nurdin Sebut Kadis Pendidikan, Perhubungan dan Pariwisata Kepri Masuk dalam Gerbong Mutasi OPD
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 20-12-2017 | 19:26 WIB
Nurdin-Basirun-diwawancarai-BATAMTODAY21.gif Honda-Batam
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kendati belum membenarkan dalam waktu dekat akan dilakukan mutasi dan pergantian kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di Pemerintah Provinsi, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, membenarkan sejumlah kepala OPD Kepri prestasi kinerjanya banyak yang tidak memuskan sehingga perlu dilakukan pergantian.

"Mengenai mutasi, terserah dunia mau membicarakan apa. Tapi kita lihat kebutuhan, sesuai dengan kebutuhan, bisa juga cepat," ujar Nurdin, Rabu (20/12/2017) saat ditanya wartawan mengenai issu mutasi kepala OPD Kepri yang akan dilaksanakan pada 2 Desember 2017 mendatang.

Pada kesempatan itu, Nurdin juga mengatakan, pihaknya juga melakukan evaluasi kinerja masing-masing kepala OPD, karena ia ingin kinerja masing-masing Dinas OPD bagus dan ingin semuanya baik. Dan dari evaluasi tersebut, akan dilakukan pergantian.

Dari evaluasi yang dilakukan, sejumlah kepala OPD Kepri saat ini, dikatakan Nurdin ada yang menjabat sudah terlalu lama dan ingin mencari suasana baru, sehingga evaluasi penting dilakukan, dengan indikator yang ditetapkan pemerintah untuk meningkatakan dan mewujudkan pelaksanaan pembangunan dan pelayanan yang baik.

"Ada calon yang akan diganti, ada yang masuk pensiun," sebutnya.

Disingung dengan penilaian masyarakat dan sejumlah kalangan atas kinerja Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata yang kurang maksimal serta tidak berdampak pada kemajuan dan target Pembangunan, Nurdin menyatakan hal itu ada benarnya, sehingga memang perlu dilakukan pergantian.

"Secara umum semua bekerja cepat, kendati sebagian ada yang berhenti di tengah jalan," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Nurdin juga menegaskan, penempatan dan pengangkatan Kepala OPD di Kepri, tidak berdasarkan KKN (Kolusi, Korupsi dan Nepotisme) dengan unsur kedekatan. Tetapi akan mengedepankan profesionalisme dan kualitas masing-masing.

Sesuai dengan kebutuhan yang disebutkan, akhirnya Nurdin mengakui, pergantian OPD dapat dilakukan dengan cepat. Sehingga pelaksanaan anggaran APBD yang telah disepakati dan disahkan DPRD, dapat dikerjakan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin.

"Cepat diganti akan cepat melaksanakan lelang kegiatan dan dapat segera dilaksanakan," ujarnya.

Editor: Udin