Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nelayan Kampung Sekera Dihebohkan Banyaknya Rokok Terapung di Laut
Oleh : Harjo
Selasa | 19-12-2017 | 15:50 WIB
rokok_terapung.gif Honda-Batam
Berbagai jenis rokok luar negeri yang ditemukan oleh nelayan Kampung Sekera Bintan Utara (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban -Nelayan Kampung Sekera, Kecamatan Bintan Utara dan sekitarnya dihebohkan dengan banyaknya rokok berbagai jenis yang diduga produk luar negeri mengapung di sekitar pantai kampung tersebut, Selasa (19/12/2017).

Penemuan berbagai jenis rokok prodak luar negeri yang diduga di bawa hanyut oleh air laut saat angin utara, diketahui saat para nelayan pergi pantai yang hendak mengecek peralatan melaut.

"Kalau jumlahnya memang terbilang banyak, karena ada disepanjang pantai kampung Sekera. Sayangnya kondisi roko sudah basah terkena air laut, sehingga sebagian besa sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi," ujar Maria salah seorang warga Kampung Sekera kepada BATAMTODAY.COM di Tanjunguban.

Dijelaskan, kondisi rokok yang berhamburan dan mengapung di sekitar pantai tersebut, sebagian dikumpulkan warga, namun sudah dalam kondisi basah. Diduga rokok tersebut beeasal dari laut perbatasan karena saat musim utara, memang arah angin mengarah ke kampung ini.

"Kalau musim utara, memang sudah tidak heran berbagai bentuk barang biasanya sampai ke pantai. Kalau tidak sampah biasanya minyak hitam, itu sudah rutin saat musim angin utara," imbuhnya yang diamini warga lainnya.

Lebih jauh disampaikan, pada musim utara, memang masyarakat selalu khawatir dengan datangnya sampah dan minyak hitam. Karena hal tersebut, merusak jaring nelayan yang secara otomatis mengancam pendapatan para nelayan.

Editor: Surya