Demi Kenyamanan Masyarakat

Utusan Sarumaha Dorong Disdukcapil Batam Berlakukan Antrian Online
Oleh : Aldy Daeng
Kamis | 14-07-2022 | 19:32 WIB
utusan-sarumaha11.jpg
Anggota Komisi l DPRD Batam, Utusan Sarumaha. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Banyaknya pengaduan masyarakat terkait buruknya pelayanan di Dinas pendudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) kota Batam, membuat anggota Komisi l DPRD Batam Utusan Sarumaha angkat bicara.

"Sudah banyak pengaduan sampai ke saya, saya melihat fasiltas dan gedung Disdukcapil itu sudah tidak layak. Masyarakat sangat tidak nyaman apalagi kalau hujan," ujar Utusan Sarumaha, Kamis (14/7/2022).

Utusan melanjutkan, pihaknya akan mendorong Disdukcapil Kota Batam untuk memberlakukan antrean online, hal ini dilakukan agar mempermudah masyarakat dalam pengurusan dokumen. Baginnya, Disdukcapil itu adalah Dinas yang sangat strategis, karena kegiatan apapun saat ini dimulai atau berawal dr data dukcapil.

"Masyarakat sangat membutuhkan pelayanan yang cepat, mudah dan nyaman, selain gedung itu sudah tidak layak, sistem antrian juga harus menjadi perhatian, masyarakat mau ambil antrian saja harus datang jam 6 pagi, ini sudah zaman digital," jelas Utusan.

Legislator yang membidangi hukum ini menjelaskan, membahagiakan masyarakat melalui pelayanan yang mudah, cepat dan prima, seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah. Dikatakannya, demi kepentingan masyarakat, hal ini akan menjadi atensi komisi I DPRD Batam.

"Selain poin pelayanan dan infrastruktur yang memadai di Disdukcapil, kami juga mendorong penambahan SDM yang berkualitas disana, karena apapun ceritanya, kita ini sebagai pelayan masyarakat," terang Utusan Sarumaha.

Politisi Partai Hanura ini juga meminta kepada Walikota Batam, agar memberikan perhatian khusus kepada Dinas yang menangani pelayanan mulai dari data kelahiran, menikah hingga data kematian, terpusat di Dinas tersebut.

"Ini memang pekerjaan yang berat, akan tetapi, apabila di urus dengan manajemen yang baik, serta berperinsip bahwa kepentingan dan pelayanan kepada masyarakat adalah prioritas pemerintah, semuanya pasti ada solusi," ujar Utusan.

Disdukcapil Batam yang merupakan mitra Komisi I DPRD Batam, masih menurut Utusan, pihaknya akan mengusulkan pada rapat koordinasi dengan Disdukcapil dan BPKSDM. Ia berharap kedepannya pelayanan di Disdukcapil Batam bisa lebih baik.

"Saya akan usulkan saat rapat koordinasi nanti bersama Disdukcapil dan BPKSDM, sehingga memberikan kemudahan masyarakat untuk mendapatkan akses layanan dokumen kependudukan," pungkas Utusan.

Editor: Yudha