Polres Anambas Bersama Instansi Terkait Gelar Penertiban Transportasi Laut
Oleh : Frengky Tanjung
Selasa | 06-08-2024 | 14:44 WIB
kapal-anambas1.jpg
Penertiban kapal penumpang di Pelabuhan Sri Siantan, Kepulauan Anambas, Selasa (6/8/2024). (Foto: Frengky Tanjung)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Polres Kepulauan Anambas bersama instansi terkait menggelar penertiban transportasi laut dan pengawasan pasca-insiden tenggelamnya KM Samarinda, beberapa waktu lalu.

Penertiban dan pengawasan ini berlangsung di Pelabuhan Sri Siantan. Di mana, kapal yang baru bersandar dan yang akan berangkat diperiksa satu per satu hingga dipastikan kapal-kapal penumpang itu layak berlayar.

Kasat Polairud Polres Kepulauan Anambas, Iptu Giovani Casanova, menjelaskan pelaksanaan pengawasan dan penertiban transportasi laut yang dilakukan di Pelabuhan Sri Siantan. "Beberapa kapal motor penumpang, kami lakukan penertiban dan pengawasan, mulai dari mereka tiba di sini sampai mereka berangkat ke tujuan masing-masing. Kami juga memberikan sosialisasi kepada mereka," terang Iptu Giovani (6/8/2024).

"Minggu depan kita akan berkumpul bersama pemilik kapal, dalam memberikan sosialisasi keamanan berlayar dan menyediakan life jacket," imbuhnya.

Ia juga mengatakan, pengawasan dan penertiban kapal penumpang yang dilaksanakan hari ini, terkhusus muatan dan penumpang. "Kita tidak ingin seperti kejadian KM Samarinda terulang kembali, maka dari itu kita lakukan pengawasan dan penertiban penumpang agar tidak lebih (over load), dan kita tidak memberikan penumpang duduk di bagian atas kapal," tandasnya.

Editor: Gokli