Kamis Depan, Lanud RHF dan KKSS Kepri Gelar Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 06-08-2024 | 14:04 WIB
0608_lanud-rhf_034934934874.jpg
Rapat persiapan donor darah dan pengobatan gratis di Tanjungpinang. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Raja Haji Fisabilillah (RHF) Kota Tanjungpinang bekerja sama dengan Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kepulauan Riau (Kepri) akan menggelar kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis, Kamis (08/8/2024) mendatang di Tanjungpinang City Centre (TCC) Hall.

Komandan Lanud RHF Tanjungpinang, Kolonel Pnb Andi Nur Abadi, menyatakan personel Lanud RHF telah siap sepenuhnya untuk melaksanakan kegiatan ini bersama panitia dari KKSS Kepri. Kegiatan tersebut mencakup donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat umum, dan pemberian tali asih kepada beberapa panti asuhan di Tanjungpinang.

"Progres persiapan hingga saat ini hampir 100 persen," ujar Kolonel Pnb Andi Nur Abadi saat memimpin rapat persiapan di Lanud RHF, Selasa (06/8/2024).

Pendaftaran donor darah akan dibuka dari pukul 10.00 hingga 15.00 WIB dengan target 100 kantong darah dan kapasitas 200 peserta. Donor darah akan dipimpin oleh Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Tanjungpinang. Andi menegaskan kepada seluruh personel yang terlibat untuk mempersiapkan setiap detail kegiatan dan melaporkan kendala yang mungkin timbul.

"Tolong antisipasi kekurangan dan potensi kelebihan kapasitas, baik dari Lanud maupun KKSS Kepri," tegasnya.

Selain aksi donor darah, Lanud RHF juga akan menurunkan tim kesehatan bersama PT Jasa Raharja perwakilan Tanjungpinang. Tim kesehatan akan menyediakan layanan dokter umum, dokter gigi, laboratorium sederhana, farmasi, serta kesehatan ibu dan poli anak.

"Kami berharap kegiatan ini berjalan lancar dan sukses. Saya sudah pastikan kepada personel agar mempersiapkan segala sesuatunya. Insya Allah, dengan rapat persiapan ini, kita yakin acara akan berjalan sesuai harapan kita bersama," ungkapnya.

Ketua BPW KKSS Kepri, Ady Indra Pawennari, menambahkan bahwa pihaknya akan menambahkan sesi pemberian tali asih kepada dua panti asuhan di Kota Tanjungpinang. "Kami akan memberikan tali asih kepada panti asuhan selama kegiatan berlangsung," kata Ady.

Ady, yang juga menjabat sebagai bendahara PWI Kepri, memastikan bahwa panitia pelaksana dari KKSS Kepri telah siap memberikan yang terbaik untuk kegiatan ini. Ia dan beberapa pengurus KKSS Kepri juga akan berpartisipasi sebagai pendonor.

"Aksi donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis ini merupakan rangkaian kegiatan KKSS Kepri dalam rangka HUT RI ke-69. Kami mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis yang diadakan oleh KKSS Kepri dan Lanud RHF Tanjungpinang," jelasnya.

Editor: Gokli