Masyarakat dan Kadis PUPR Anambas Sependapat Pembangunan Jembatan SP II Kurang Rapi
Oleh : Alfredy Sialalahi
Senin | 14-03-2022 | 12:16 WIB
SP-II-1.jpg
Jembatan Selayang Pandang (SP) II di Kecamatan Siantan Anambas. (Alfredy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sejumlah masyarakat Kecamatan Siantan, Kepulauan Anambas mengaku tidak puas dengan pekerjaan Jembatan Selayang Pandang II. Pasalnya, selain pekerjaan tidak rapi, kondisi jalan juga seperti bergelombang atau tidak merata.

"Masa iya, SP II yang baru selesai pembangunannya tidak rapi dan tidak rata. Pertama launching kemarin, memang penasaran mau melintas, tapi nyatanya jalan tak sesuai ekspektasi," ujar Enny, Senin (14/3/2022).

Enny juga mengakui kalau musim penghujan, SP II tak nyaman untuk dilintasi. Pasalnya, banyak genangan air. "Apalagi kalau hujan, banyak jalan yang tergenang air," keluhnya lagi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPR) Kepulauan Anambas, Andiguna Kurniawan Hasibuan juga mengaku kecewa.

"Awalnya saya memang tidak puas dengan hasilnya, karena tidak rapi. Bahkan keluhan masyarakat itu juga sudah sampai ketelinga saya. Masa iya, proyek sebesar Rp 77 miliar hasilnya tak rapi? Kemudian saya menghubungi PPTK," ucapnya.

Berkomunikasi dengan PPTK Pembangunan SP II Kecamatan Siantan, Andiguna akhirnya bisa menerima alasan PPTK ketika membandingkan dengan sejumlah pembangunan jembatan. Dengan salah satu pembanding yaitu Jembatan Dompak.

"Ketika PPTK menjelaskan, saya mulai menerima secara logika. Mereka membandingkan, jembatan mana yang dibangun tidak bergelombang? Jembatan Dompak aja kemarin bergelombang sebelum di hotmix," terangnya.

Andiguna menerangkan, bahwa bahan yang dipasang pada SP II hampir merata dicetak dari pabrik. Namun pemasangannya saja yang memiliki selisih sekitar 2 cm. "Karena selisih ini membuat jalan tidak merata," ucapnya.

Andiguna menambahkan solusi untuk menghilangkan gelombang pada SP II yaitu hotmix.

"Sesuai dengan perencanaan, jalan itu nantinya akan di hotmix. Karena ini masih pemeliharaan, mungkin tahun depan kita lakukan. Kalau sudah dihotmix, pasti SP II sedikit merata, dan tidak terlalu bergelombang, dan air juga mungkin tidak akan tergenang lagi," jelasnya.

Editor: Yudha