Herlina Setyorini, Perempuan Pertama yang Menjabat Kajari Batam
Oleh : Paskalis RH
Rabu | 09-03-2022 | 17:41 WIB
Kajari-Herlina.jpg
Kajari Batam, Herlina Setyorini. (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pucuk pimpinan Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam resmi dijabat Herlina Setyorini setelah menjalani pelantikan di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri, Selasa (8/3/2022).

Sebelum menjadi Kajari Batam menggantikan Polin Octavianus Sitanggang, darah kelahiran Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) ini menjabat sebagai Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara (Asdatun) di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten.

Ditemui di sela-sela acara pengantar tugas di Aula Kejari Batam, Herlina Setyorini mengatakan, tidak menyangka akan menjadi Kejari Batam. Sebab, Kajari Batam pada periode sebelumnya di pimpin oleh laki-laki.

"Saya tidak menyangka. Mungkin ini adalah penilaian dan pertimbangan Gender dari pimpinan, sehingga saya dipilih menjadi Srikandi untuk memimpin Kejari Batam ke depannya," kata Herlina Setyorini, Rabu (9/3/2022).

Lanjutnya, sebagai wanita pertama yang menjabat Kajari Batam, dia bertekad akan bekerja keras untuk melanjutkan apa yang sudah dicapai oleh pejabat sebelumya.

Masih kata Herlina, jabatan baru yang diembannya merupakan kepercayaan yang harus dijalankan dengan maksimal. Dia pun berjanji akan meneruskan dan menyelesaikan perkara-perkara atau kasus yang belum sempat terselesaikan oleh pejabat sebelumnya.

Sebagi Kajari Batam yang baru, Herlina ingin mewujudkan proses penegakan hukum yang berkeadilan, profesional dan bermartabat, yang didasarkan pada hati nurani dan integritas luhur sebagai landasan pijak, sehingga dapat memberikan keadilan substantif yang dapat dirasakan oleh masyarakat Batam pada umumnya.

"Walaupun saya adalah wanita, tetapi ini merupakan tantangan yang harus dijalani. Saya mohon dukungan semua pihak agar penegakan hukum di Kejari Batam berjalan sesuai tupoksinya," ucapnya.

Herlina berharap Kajari Lama (Polin Octavianus Sitanggang) yang dimutasi ke Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai Inspektur Muda pada Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan (Jamwas) dapat meraih kesuksesan.

"Semoga di tempat yang baru, beliau (Pak Polin) dapat meraih kesuksesan," tutupnya.

Editor: Gokli