Rindu Tanah Suci? Nettour Group Layani Program Umrah Ramadan Hingga Idul Fitri
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 07-03-2022 | 16:14 WIB
A-Jemaah-Umrah-Nettour-Batam_jpg2.jpg
Jemaah umrah biro travel dan haji PT. Nettour Batam Group berfoto dengan latar belakang Gunung Uhud di utara Kota Madinah Arab Saudi beberapa waktu yang lalu. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anda sudah merindukan tanah suci untuk beribadah umrah yang pahalanya seperti haji? Nettour Group bisa menjadi biro perjalanan pilihan untuk mengantarkan Anda beribadah ke tanah suci selama pandemi.

Dengan paket seharga Rp 39,8 juta, program umrah spesial Ramadan dijadwalkan selama 17 hari. Selain bisa tarawih Ramadan dan Lailatul Qadar, umat muslim bisa merayakan Idul Fitri di tanah suci.

Demikian ungkap Presiden Direktur PT. Nettour Batam Group, H. Kamaruddin Saban kepada BATAMTODAY.COM. Program umrah selama 17 hari ini dijadwalkan berangkat pada Senin 18 April 2022 dan pemulangan Rabu 4 Mei 2022.

"Insya Allah Ramadan 1443 Hijriah atau 2022 Masehi ini menjadi tahun penawar rindu bagi umat muslim yang ingin beribadah ke tanah suci. Paket 17 hari ini ditawarkan per orang Rp 39,8 juta (1 kamar 4 orang), Rp 44 juta (1 kamar 3 orang), dan Rp 49,8 juta (1 kamar 2 orang)," ujar Haji Kamaruddin Saban, Senin (7/3/2022).

Harga paket itu, lanjut H. Kamaruddin Saban, sudah termasuk biaya transportasi dan tiket penerbangan pergi pulang. Yakni dari Batam Jakarta, Jakarta Madinah/Jeddah Jakarta. Selain itu, biaya di hotel selama di tanah suci, visa, perlengkapan umrah (kain ihram/mukena, travel bag, buku doa), makan/minum, pendamping (muthawif), dan asuransi COVID-19.

Asuransi COVID-19 berlaku apabila jemaah tiba di Arab Saudi dan tes Polymerase Chain Reaction (PCR/swab) positif. Maka biaya perawatan, pengobatan dokter, dan karantina selama di hotel Arab Saudi gratis. Selanjutnya, jika jemaah sudah dinyatakan negatif (normal) mereka bisa melaksanakan umrah sebagaimana mestinya.

Untuk harga paket 17 hari itu tidak termasuk tes Polymerase Chain Reaction (PCR/swab) dan hotel karantina sebelum berangkat atau pulang umrah, pembuatan paspor, vaksin meningitis, wisata di luar program, dan biaya lain yang bersifat pribadi. Begitu juga dengan biaya tambahan yang timbul akibat kebijakan Pemerintah Arab Saudi tidak termasuk dalam pembiayaan ini.

Ada pun persyaratan teknis umrah minimal berusia 18 tahun, sudah vaksin 2 kali, sehat dan tidak positif COVID-19, dan tidak memiliki risiko penyakit bawaan.

Selain itu, sertifikat meningitis, paspor berlaku minimal 12 bulan sebelum keberangkatan, nama di paspor minimal 2 kata, 4 lembar pasfoto ukuran 4x6 warna berlatar putih dengan fokus wajah 80 persen.

"Syarat lainnya fotokopi KTP, kartu keluarga, surat keterangan menikah untuk suami istri yang ingin berangkat, dan surat pernyataan bermaterai. Jemaah wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di tanah air dan di tanah suci, seperti tetap bermasker, menjaga jarak, dan tidak berkumpul," ujar Haji Kamaruddin Saban menambahkan.

Pahalanya Setara Ibadah Haji

Salah satu pembimbing ibadah haji dan umrah PT. Nettour Batam Group, Haji Achmad Fanani menyebutkan umrah pada bulan Ramadan memiliki keistimewaan spiritual yang sangat tinggi. Salah satunya, pahala umrah Ramadan setara dengan beribadah haji bersama nabi. Hal ini termaktub dalam hadis Bukhari nomor 1782 dan Muslim nomor 1256.

"Jika Ramadan tiba berumrahlah pada saat itu, karena umrah Ramadan pahalanya senilai dengan (ibadah) haji," ujar Haji Achmad Fanani menukil hadis Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Masih menurut Haji Achmad Fanani, dalam hadis lain juga disebutkan bahwa umrah pada bulan Ramadan setara dengan ibadah haji. Ditegaskannya, sesungguhnya umrah pada bulan Ramadan seperti berhaji bersama Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam. Terlebih ibadah sunah dan wajib yang dikerjakan di tanah suci tentu saja pahalanya akan berlipat ganda.

"Selama Ramadan, amal ibadah akan dilipatgandakan Allah. Pahala beribadah di Masjid Nabawi Madinah pahalanya 1.000 kali lipat dan di Masjidil Haram Makkah 100.000 kali lipat. Jika ibadah umrah dikerjakan selama Ramadan di tanah suci, Insya Allah pahalanya berlipat-lipat tidak tehingga," papar Haji Achmad Fanani menyemangati.

PT. Nettour Batam Group beralamat di Komplek Nagoya Business Centre Blok 5 Nomor 39, Kelurahan Lubuk Baja Kota Kecamatan Lubuk Baja Kota, Kota Batam, Provinsi Kepri, telepon 0778-456777 atau (+62) 811-691-055.

Editor: Dardani