KASAL Tinjau Sarpras TNI AL di Tanjungpinang, Koarmada I Bakal Bermarkas di Kepri
Oleh : Putra Gema
Kamis | 03-03-2022 | 18:52 WIB
Yudo-KASAL.jpg
KASAL Laksamana TNI Yudo Margono dan Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, saat kunker ke Tanjungpinang pada Jumat (25/2/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah melakukan kunjungan kerja ke Tanjungpinang pada Jumat (25/2/2022) lalu.

Kadispen Koarmada I Kolonel Laut (P) Laode Muhammad mengatakan, kunjungan KASAL Laksamana TNI Yudo Margono dan Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah melakukan penijauan beberapa sarana prasarana TNI-AL yang ada di Tanjungpinang.

Ketika disinggung kunjungan kerja tersebut terkait rencana persiapan pemindahan Koarmada I ke Kepulauan Riau, Laode menegaskan, hal tersebut masih dalam pengkajian dan pertimbangan waktu pelaksanaannya.

"Masih dalam pengkajian dan pertimbangan kapan pelaksanaannya, karena tentu perlu mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana termasuk administrasi," kata Kolonel Laoede, Kamis (3/3/2022).

Untuk lokasi berdirinya Koarmada I sendiri, Laode belum bisa memberikan informasi lebih jauh karena hingga saat ini pihaknya masih menunggu arahan dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

"Untuk lokasi tepatnya masih belum tau pasti, tetapi Koarmada I nantinya akan ada di wilayah Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Tetapi untuk di Tanjungpinang atau di Tanjunguban, belum bisa saya sampaikan," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, rencana pemindahan Koarmada I ke Pulau Bintan ini telah terkuak sejak awal tahun 2022 lalu. Pemindahan markas Koarmada I di Pulau Bintan ini melihat dari efisiensi pergerakan kekuatan armada Koarmada I yang selama ini bermarkas di Jakarta.

Selain itu, pertimbangan lainnya adalah dalam proses pergeseran kekuatan armada dari Jakarta menuju Natuna membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan yang disampaikan KASAL Laksamana TNI Yudo Margono kepada Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Editor: Gokli