Pemko Batam Selaraskan Hasil Musrenbang dengan Reses Anggota DPRD
Oleh : Aldy Daeng
Kamis | 03-03-2022 | 14:00 WIB
amsakar26.jpg
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pada rapat paripurna terkait penyampaian laporan hasil reses masa persidangan II tahun 2022, DPRD Batam meminta Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk menindaklanjuti hasil reses dari semua fraksi.

Menanggapi hal itu, Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad, yang hadir mewakili Pemko Batam menyampaikan pihaknya akan menyelaraskan hasil reses anggota DPRD Batam dengan hasil musrenbang tingkat kota.

"Kita akan liat dan selaraskan hasil musrenbang dengan reses anggota dewan. Pada musrenbang tingkat kota nantinya akan kita liat kesinambungannya, sebesar apa usulan teman-teman di dewan dan bagaimana usulan Musrenbang dari tingkat kelurahan hingga kecamatan," ungkap Amsakar Achmad usai mengikuti rapat paripurna DPRD Batam Rabu (2/3/2022).

Politisi partai Nasdem ini memaparkan, semua usulan itu akan masuk melalui aplikasi SIPD (Sistim Informasi Pembangunan Daerah), termasuk rencana kerja pemerintah daerah. Kemudian hasil dari musrenbang tingkat daerah mulai dari pra musrenbang hingga tingkat kota, maka di sana akan terlihat mana yang berskala urgent dan mana yang mesti tereliminasi.

"Kita mulai dari Batam UP (proses musrenbang), setelah dilakukan singkronisasi semua usulan, maka akan terlihat mana usulan yang akan diprioritaskan," terang Amsakar Achmad.

"Kami akan mendalami semua usulan, pada prinsipnya Pemko Batam tetap fokus kepada kemampuan APBD 2023, termasuk pokok pikiran (Pokir) dari DPRD Batam akan diselaraskan dengan rencana kerja OPD," ujarnya lagi.

Lalu pihak Pemko Batam akan mendalami regulasi yang ada, regulasi yang dimaksud itu adalah usulan yang telah masuk di SIPD Pemko Batam, apakah murni akan mengakomodir dari Kementerian dalam negeri, atau akan mengakomodir usulan lain, karena saat ini Pemko Batam telah memakai sistem aplikasi.

"Kami akan mendalami regulasi yang ada terlebih dahulu, karena ini menyangkut sistem aplikasi, termasuk masukan dari tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) semua akan kita selaraskan terlebih dahulu," pungkasnya.

Editor: Yudha