Pengusiran Humas Pemprov Kepri dan Fotografer Kemendag Warnai Pelepasan Ekspor Komponen Sepeda PT Shimano
Oleh : Redaksi
Minggu | 27-02-2022 | 14:04 WIB
ekspor_sepeda_batam_b.jpg
Pelepasan ekspor produk komponen sepeda PT Shimano Batam (Foto: Komendag)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga bersama Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj. Marlin Agustina dan President Direktur Shimano Batam, Mr. Choo Chong Boo melakukan pelepasan ekspor produk komponen sepeda PT Shimano Batam di Kota Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (26/2/2022).

Dalam sambutannya, Wamendag Jerry Sambuaga menyampaikan, tren bersepeda tidak hanya memberi dampak positif terhadap kesehatan masyarakat, tetapi juga membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia dalam mendorong ekspor komponen sepeda.

"Ekspor komponen sepeda pada periode 2020-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 62,55% dengan nilai USD 1,12 miliar," urai Wamendag.

Wamendag mengapresiasi dan menyambut baik ekspor PT Shimano Batam tahun 2020 yang mencapai Rp725 milliar, bahkan untuk tahun lalu 2021 mencapai Rp979 milliar dengan jumlah komponen sepeda sebanyak 93,13 juta unit. Dan, diharapkan akan terus meningkat untuk tahun ini dan tahun berikutnya.

Wamendag menambahkan, "Dalam rangka program peningkatan ekspor nasional, pemerintah, baik di pusat maupun daerah, akan terus mendorong peningkatan nilai ekspor dari sektor industri. Kementerian Perdagangan akan terus mendorong terciptanya nilai tambah produk ekspor Indonesia serta perluasan pasar ke negara-negara mitra dagang."

Secara global, bermula dari Shimano Iron Works, pendahulu Shimano Inc. yang didirikan pada tahun 1921 oleh Shozaburo Shimano di kota Sakai, Osaka Jepang.

Produksi pertamanya adalah freewheel sepeda tunggal, yang membutuhkan keterampilan teknis terbesar untuk memproduksinya.

Pada tahun 1951, nama perusahaan berubah menjadi Shimano Industrial Co., LTD.

Shimano American Corporation (saat ini Shimano North America Holding, Inc.) hadir sebagai kantor penjualan luar negeri pertama di tahun 1965.

Adapun Shimano Singapore Pte. Ltd sebagai basis manufaktur luar negeri pertama di tahun 1973. Pada tahun 1991, nama perusahaan diubah menjadi Shimano Inc.

Sejak berdirinya Shimano, Kantor Pusat tetap berada di Sakai, kota kelahiran Shimano. Shimano Inc. adalah kantor pusat dan memiliki berbagai fungsi, termasuk perencanaan, pengembangan, perancangan, pembuatan, dan berbagai fungsi pendukung lainnya untuk memasok komponen sepeda, peralatan pancing dan peralatan dayung

Insiden pengusiran
Namun, pelepasan ekspor tersebut diwarnai insiden pengusiran Humas Provinsi Kepri dan staf fotografer Kemendag. Pengusiran itu dilakukan oleh tim keamanan atau sekuriti dengan dalih perintah dari atasan untuk membatasi jumlah pengunjung.

Padahal para wartawan sudah menunjukkan kartu pers. Namun, para sekuriti tetap tak mengindahkan hal tersebut dan tetap mengusir para jurnalis.

Pengusiran sendiri berlangsung sesaat setelah Wamendag Jerry Sambuaga tengah menyampaikan kata sambutan.

Saat itu, sejumlah petugas keamanan, mendatangi sejumlah staf Humas Kementerian dan Pemerintah Provinsi Kepri yang tengah mengambil dokumentasi kegiatan.

Perdebatan sengit kemudian berlangsung antara petugas keamanan dengan staf Humas Kementerian dan Pemerintah Provinsi Kepri, saat Wamendag tengah menyampaikan kata sambutan.

"Saya ini fotografer mendampingi Bu Marlin. Ini identitas saya," tegas Rudi Ariz, salah satu staf Humas Provinsi Kepri, yang berada di lokasi saat tengah mendokumentasikan kegiatan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina Rudi.

Hal serupa juga dialami oleh staf fotographer Humas Kemendag, walau kepada petugas keamanan dirinya telah menunjukkan identitas diri.

"Tidak bisa pak, kami minta kalau memang mau ambil foto dari luar gerbang saja. Jadi tolong keluar dari area ini," tegas salah satu petugas keamanan.

Tidak hanya itu, aksi salin kejar juga sempat terjadi antara petugas sekuriti dan Rudi Ariz, yang berusaha mendekat ke area prosesi pelepasan dua kontainer berisi suku cadang sepeda dan alat pancing dari PT Shimano.

Editor: Surya