Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dukung Kesiapan Operasi IKN, XL Axiata Terus Tingkatkan Kualitas Jaringan
Oleh : Roni Ginting
Sabtu | 10-08-2024 | 17:44 WIB
AR-BTD-5218-XL-Axiata.jpg Honda-Batam
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (paling kiri) bersama tim didampingi oleh Tenaga Ahli Deputi Sarana dan Prasarana Otorita IKN, Bonie Erwanto (tengah) meninjau kesiapan jaringan XL Axiata di IKN pada Senin (5/8/2024). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Balikpapan - Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai pusat pemerintahan yang baru telah siap beroperasi dalam waktu dekat. Bahkan, pemerintah berencana melaksanakan Upacara Peringatan HUT RI ke-79, 17 Agustus 2024 mendatang di sana. Untuk itu, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) juga terus meningkatkan kualitas jaringan di area IKN seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan, yang dalam setahun terakhir mencapai lebih dari 300%.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, pada periode setahun terakhir, aktivitas pembangunan di kawasan IKN semakin hari semakin masif. Hal tersebut tentu ikut meningkatkan trafik XL Axiata, hingga mencapai lebih dari 300%.

"Untuk itu, selain berfokus meningkatkan kualitas jaringan di dalam area IKN, kami juga meningkatkan kualitas jaringan pada titik-titik pembangunan infrastruktur dan fasilitas pendukung IKN seperti jalan tol, bandara, rumah sakit, hotel, dan fasilitas pendukung lainnya bekerja sama dengan pihak Otorita IKN," ujar I Gede Darmayusa, Sabtu (10/8/2024).

I Gede Darmayusa menambahkan, guna memberikan kemudahan dan mendukung kesuksesan Upacara Peringatan HUT RI ke-79 di IKN, XL Axiata secara khusus memperkuat jaringan dengan menambah 3 unit Mobile BTS (MBTS). Ketiganya ditempatkan di sekitar lokasi berlangsungnya upacara, berkoordinasi dengan pihak Otorita IKN. Sebelumnya, di area proyek pembangunan IKN, XL Axiata telah menempatkan 4 unit MBTS. XL Axiata juga telah menyiapkan 3 BTS, serta menambah lagi 2 BTS Makro termasuk jaringan in door yang telah terpasang di Swissotel Nusantara. Secara keseluruhan, kini XL Axiata telah menyediakan total 12 BTS di area ring 1 IKN.

Ke depan, seiring terus meningkatnya trafik layanan dan kebutuhan atas layanan di IKN, XL Axiata juga akan terus meningkatkan kapasitas dan infrastruktur di sana. Apalagi saat nanti IKN telah benar-benar mulai beroperasi, dengan mulai banyak orang yang bekerja dan tinggal di sana, tentu XL Axiata perlu menyediakan jaringan yang memadai untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan pelanggan dalam menggunakan layanan XL Axiata #JadiLebihBaik. Untuk penyediaan infarstruktur jaringan di sana, XL Axiata bekerja sama dengan Otoritas IKN.

Sementara itu untuk area penyangga IKN, hingga akhir Juni 2024, jaringan XL Axiata ditopang oleh sekira 500 BTS dengan mayoritas merupakan BTS 4G. Area penyangga ini tersebar di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, di mana kedua kabupaten ini menjadi bagian wilayah IKN. Sementara di area inner IKN, terdapat lebih dari 150 BTS dengan mayoritas BTS 4G yang tersebar di 4 kecamatan yaitu, Kecamatan Loajanan, Muara Jawa, Semboja, dan Sepaku.

Selain itu, XL Axiata juga terus memperkuat jaringan dengan melakukan penambahan BTS dan peningkatan kapasitas jaringan di kota-kota penyangga IKN seperti Balikpapan dan Samarinda. Di Kota Balikpapan, XL Axiata memiliki lebih dari 570 BTS dengan mayoritas merupakan BTS 4G, sementara di Kota Samarinda hampir mencapai 600 BTS dengan mayoritas merupakan BTS 4G.

Sementara itu, jaringan fiber optik XL Axiata sudah siap mendukung pemerintah untuk menggelar layanan telekomunikasi dan internet cepat di IKN. XL Axiata juga telah mengoperasikan SKKL Batam - Serawak yang menghubungkan Malaysia - Indonesia melalui Entikong - Pontianak sejauh 120 km. Infrastruktur ini akan memperkuat koneksi internet antara Batam, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi dengan kinerja dan latency yang lebih cepat dan berkualitas. Infrastruktur ini sudah beroperasi sejak 1 Juni 2022.

Jaringan kabel optik ini juga menjadi alternatif gateway international yang baru bagi Indonesia menuju Kuching, Serawak, dan Hongkong, serta menambah keragaman dan keandalan koneksi ke beberapa POP/HUB di Asia. Bagi XL Axiata, infrastruktur ini penting untuk bisa mengatasi peningkatan trafik data di masa depan dan menyediakan jaringan berkualitas sehingga bisa memberikan layananan terbaik kepada pelanggan.

Layanan pelanggan di wilayah IKN

Selain fokus meningkatkan kualitas jaringan, XL Axiata juga memastikan layanan pelanggan yang ada di wilayah IKN. Dari sisi layanan pelanggan, XL Axiata telah menyediakan beberapa saluran layanan pelanggan yaitu, XL Center Online dan layanan digital. Layanan ini dapat diakses oleh pelanggan kapan pun, di mana pun secara online dan realtime termasuk di IKN. XL Center Online dapat diakses melalui website: www.xl.co.id/xlcenter.

Selain itu, pelanggan dan masyarakat juga bisa datang ke gerai XL Center untuk bisa mendapatkan layanan secara langsung. Gerai XL Center terdekat dari wilayah IKN ada di Kota Balikpapan yang beralamat di Komplek Ruko BSB, Jalan Jendral Sudirman, dan di Kota Samarinda yang berlokasi di Jalan Bhayangkara.

"Gerai XL Center dan retail outlet juga dapat memberikan kemudahan serta melayani segala kebutuhan komunikasi pelanggan dan masyarakat yang berada di wilayah IKN," kata Caretaker XL Axiata Kalimantan Area, Sarroso Dwi Panggah.

Pelangggan dan masyarakat di wilayah IKN juga bisa mendapatkan layanan di mitra retail outlet (RO) XL Axiata. Terdapat lebih dari 400 titik RO yang tersebar di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Sementara di dua kota penyangga IKN, terdapat sebanyak lebih dari 440 RO di Balikpapan dan hampir 500 RO di Samarinda.

XL Axiata juga memiliki tim untuk menangani layanan dan keluhan pelanggan (Contact Center) untuk memastikan pelanggan di IKN dapat terlayani secara maksimal, melalui layanan Call Center dan layanan Digital Care Maya yang ada aplikasi myXL dan AXISnet. Pelanggan juga bisa menggunakan kanal digital seperti e-mail, Facebook, Instagram, serta live chat. Layanan ini bersiaga selama 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan.

Editor: Yudha