Buka Rakornas lV KAHMI di Batam, Menteri Sofyan Jalil Tekankan Kreativitas Generasi Muda
Oleh : Aldy Daeng
Sabtu | 26-02-2022 | 12:40 WIB
rakornas-KAHMI-Batam1.jpg
Menteri Negara Agraria dan Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Jalil membuka akornas IV Korps alumni himpunan mahasiswa Islam (KAHMI) di Hotel Swiss-Bell Batam. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rakornas IV Korps alumni himpunan mahasiswa Islam (KAHMI) resmi dibuka oleh Menteri Negara Agraria dan Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Jalil, di Hotel Swiss-Bell Batam, Jumat (25/2/2022) malam.

Acara dimulai pukul 20.30 wib, dengan tema 'kebangkitan ekonomi Indonesia pasca pandemi covid-19' dihadiri beberapa tokoh nasional secara virtual.

Dalam sambutannya, menteri Sofyan Jalil mengatakan, selama ini kontribusi KAHMI dan HMI sangat luar biasa untuk negara, baik di eksekutif maupun legislatif. Hampir semua partai politik yang ada di Indonesia didominasi oleh alumni HMI. Di era perubahan seperti ini, tuga KAHMI adalah membentuk generasi HMI yang berdaya saing.

"Kombinasi SDM dan akses kapital di era digital, harus menyiapkan generasi muda yang betul bisa bersaing di dunia global, selain itu kreativitas dan berfikir fleksibel sangat diperlukan ke depannya," terang Mentri Sofyan Jalil.

Gubernur Provinsi Kepri, Ansar Ahmad dalam kata sambutannya mengatakan, dengan letak geografis provinsi Kepri yang di dominasi dengan gugusan kepulauan, maka dari itu pembangunannya penuh dengan tantangan, namun dengan bersatunya semua elemen masyarakat dan didukung oleh kaum intelektual seperti KAHMI dan organisasi HMI, maka pemerintah provinsi Kepri optimis pembangunan bisa berjalan sesuai dengan progres yang telah disusun.

"Kami yakin dengan dukungan kaum intelektual terutama dari KAHMI dan HMI, pembangunan di Kepri yang memiliki tantangan tantangan sendiri, bisa kami atasi dan akan mengundang banyak investor," ungkap Gubernur Ansar Ahmad.

Gubernur yang juga sebagai Politisi Golkar ini memaparkan, bahwa, pembangunan jembatan batam bintan yang nantinya akan dibangun itu untuk meningkatkan daya saing dengan negara tetangga, selain untuk mobilisasi peningkatan ekonomi masyarakat kepri, juga sebagai ikon baru dan sebagai penunjang dunia pariwisata di provinsi Kepri.

"Pembangunan jembatan Batam - Bintan diharapkan bisa meningkatkan mobilitas ekonomi masyarakat,dan sebagai ikon pariwisata yang baru di provinsi Kepri yang bisa bersaing dengan negara tetangga seperti Singapura," terang Ansar Ahmad.

Kemudian ketua presidium majlis nasional (MN) KAHMI, Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengatakan, Indonesia termasuk bangsa yang kuat, termasuk dalam penanganan dan pengendalian pandemi covid-19, dengan bersatunya semua elemen, kebangkitan ekonomi pasca pandemi bukan hal yang sukar. Dikesempatan ini Ahmad Doli juga meminta kepada Amsakar Achmad yang juga sebagai ketua Majlis Daerah (MD) KAHMI Batam, untuk mempersatukan para anggota di Batam.

"Bicara bangkit, pastinya kita bicara bersatu, hal yang terpenting kedepannya adalah kesiapan umat dan kesigapan anggota KAHMI, sebagai motor penggerak ekonomi sosial dan politik," kata Ahmad Doli Kurnia yang juga sebagai legislator DPR RI.

Sementara Ketua Majelis Wilayah (MW) KAHMI Kepri, Dr Suryadi MH mengatakan, rencana strategis yang pertama adalah agenda internal menghadapi munas dalam waktu dekat ini, kemudian yang kedua meng inventarisasi program dalam even rakornas, lalu peluang yang bisa ditimbulkan oleh anggota KAHMI pasca pandemi covid-19.

"Saat ini fokus KAHMI yaitu, menghadapi munas dan inventarisasi program Rakornas, selain itu program kebangkitan ekonomi pasca pandemi covid-19 juga menjadi prioritas," kata Suryadi.

Editor: Yudha