Getaran Gempa M 6,2 Pasaman Barat Terasa Hingga ke Batam, Ini Penjelasan BMKG
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Jum\'at | 25-02-2022 | 14:44 WIB
titik-gempa-pasaman1.jpg
Tangkapan Layar Titik Gempa Pasaman Barat, Sumatera Barat di situs resmi BMKG. (Putra Gema/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gempa bumi magnitudo 6,2 terjadi pada Jumat (25/2/2022) pukul 08.39 WIB di Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) terasa hingga ke Kota Batam.

Ridho salah seorang pekerja di kawasan Batam Center, Kota Batam juga mengakui hal tersebut. Diungkapkannya bahwa dirinya dan seluruh rekan kerjanya merasakan getaran di tempat dirinya bekerja.

"Saya kerja di lantai tiga tempat kerja terasa goyangan, Komputer dan meja ikut terasa bergetar. Semua rekan kerja juga merasakan," kata Ridho, Jumat (25/2/2022).

Terpisah, Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam, Suratman ketika dikonfirmasi juga membenarkan terkait getaran gempa terasa hingga ke Kota Batam.

"Memang terasa sampai di sini (Batam), tetapi kekuatan getarannya sudah sangat lemah," kata Suratman.

Suratman mengatakan data BMKG bahwa getaran gempa terasa sampai ke Pasaman Barat, Pasaman, Agam, Bukit Tinggi, Padang Panjang, Padang, Payakumbuh, Aek Godang, Gunungsitoli, Pesisir Selatan, Rantau Parapat, Nias Selatan, Bangkinang, Malaysia, Singapura.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Batam agar tidak panik atas adanya hal tersebut, karena getaran tersebut dinilai masih aman dan tidak membawa dampak kerusakan apapun.

"Mohon masyarakat tifak terlalu panik, tetap tenang karena getaran jika pun dirasakan 1 sampai 2 skalalicter," tutupnya.

Editor: Yudha