Komisi II DPR Apresiasi Daya Tahan Ekonomi Batam Selama Pandemi Covid-19
Oleh : Irawan
Rabu | 23-02-2022 | 10:40 WIB
anwar_hafid_dpr_b.jpg
Anggota Komisi II DPR Anwar Hafid (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Komisi II DPR RI melakukan kunjungan kerja (kunker) masa reses ke Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada Senin (21/2/2022).

Dalam kunker ini, Komisi II mengapresiasi kemajuan ekonomi Kota Batam yang tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19.

"Beberapa kemajuan yang menurut saya ini luar biasa di tengah keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid tapi Kota Batam ini tetap survive," ujar Anwar Hafid, Anggota Komisi II DPR saat kunker di Kantor Walikota Batam.

Menurutnya, hal-hal inspiratif di Kota Batam ini dapat direplikasi di wilayah lain, terutama menyeimbangkan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi.

Dari sisi penanganan pandemi, menurut Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI itu, pelaksanaan vaksinasi di Kota Batam sangat berhasil, bahkan melebihi yang ditargetkan. Padahal, di daerah lain, masyarakatnya belum terlalu antusias untuk ikut vaksinasi.

"Apakah ini karena kesadaran masyarakat atau koordinasi yang baik yang dilakukan antarberbagai instansi pemerintah daerah, juga TNI dan Kepolisian," tanya Anwar.

Menjawab hal itu, Wali Kota Batam Muhammad Rudi menjelaskan pencapaian target vaksinasi di Batam tak lepas dari kerja sama antara Pemkot dengan Aparatur TNI/Polri juga bersama elemen masyarakat, yaitu Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Batam.

"Malah mereka yang sediakan tempat untuk vaksinasi dan membantu kami susun program untuk data bagaimana orang bisa hadir sendiri untuk vaksinasi. Karena itu, Batam mungkin yang pertama kekurangan vaksin terus, di tempat lain mungkin banyak kelebihan. Batam dalam waktu yang tempo singkat dosis I bisa lewati dari target pemerintah pusat," jelas Wali Kota Rudi.

Diketahui, selain pengawasan terhadap penyelenggaran pemerintah daerah selama masa pandemi Covid-19, Komisi II DPR RI juga menitikberatkan kunker ini pada tiga hal lainnya.

Yaitu, pelaksanaan program KTP Elektronik, evaluasi terhadap proses Seleksi Penerimaan CPNS tahun 2021, serta hal-hal yang berkaitan dengan isu ketataruangan di wilayah Kota Batam.

Editor: Surya